Apa Arti Emas 16K? Kenali Keunikan dan Kelebihannya

Kenali makna di balik emas 16K dan cari tahu mengapa jenis emas ini menjadi pilihan populer bagi banyak orang.
Apa Arti Emas 16K

Untuk mengetahui apa arti emas 16K, simak artikel ini sampai akhir. Emas 16K adalah salah satu ukuran, kualitas, atau kode dalam emas yang diukur berdasarkan karat. Karat sendiri merupakan digunakan untuk menandakan kemurnian emas.

Kode yang Digunakan dalam Emas

Kode pada emas biasanya dicantumkan dalam karat emas, merek atau logo pembuat perhiasan, dan produsen batangan emas. Beberapa kode umum yang sering ditemui dalam emas antara lain:

1. Karat

Ketahui apa yang dimaksud dengan emas sebelum mengetahui apa arti emas 16K. Karat emas dicantumkan sebagai angka, seperti 18K, 16K, 14K, 10K, dan yang paling murni 24K.

Angka tersebut menunjukkan kemurnian emas dalam persentase, di mana 18K berarti emas memiliki kemurnian 75%, 14K berarti kemurnian 58,3%, dan 10K berarti kemurnian 41,7%.

Contoh untuk emas 16K memiliki kemurnian sebesar 16/24 atau 66,67% logam tersebut berupa emas murni, sementara campuran logam lain dalam emas tersebut sebesar 33,33%. 


2. Merek

Merek atau logo pembuat perhiasan dan produsen batangan emas biasanya dicantumkan pada perhiasan atau batangan emas. Merek atau logo tersebut dapat memberikan informasi tentang kualitas dan asal usul emas.

3. Negara

Pada batangan emas, terkadang dicantumkan nama atau logo negara asal batangan emas tersebut. Sehingga perhatikan dengan teliti dan jelas dari mana emas yang akan Anda beli.

4. Nomor Seri

Nomor seri dapat dicantumkan pada batangan emas yang dilengkapi dengan nomor seri unik. Nomor seri ini berguna untuk mengidentifikasi emas tersebut dan memastikan bahwa emas yang dibeli adalah emas asli.


Jenis Karat yang Umum Digunakan dalam Emas

Emas murni seringkali terlalu lembut untuk digunakan dalam perhiasan atau barang-barang lain, sehingga biasanya dicampur dengan logam lain untuk meningkatkan kekuatan dan daya tahan yang menandakan kemurnian dalam emas.

Karat adalah satuan untuk mengukur kemurnian logam mulia seperti emas. Satu karat setara dengan 1/24 bagian. Begitu pula dengan apa arti emas 16K yang artinya 16/24 bagian. Berikut jenis karat yang sering digunakan dalam emas.

  1. 24 karat (24K): Emas murni dengan kemurnian 99,9% atau lebih.
  2. 222 karat (22K): Emas dengan kemurnian 91,6%, di mana sisanya terdiri dari campuran logam lain seperti perak, tembaga, atau seng.
  3. 18 karat (18K): Emas dengan kemurnian 75%, di mana sisanya terdiri dari campuran logam lain seperti perak, tembaga, atau seng.
  4. 16 karat (16K): Emas dengan kemurnian 66,67%, di mana sisanya terdiri dari campuran logam lain seperti perak, tembaga, atau seng.
  5. 14 karat (14K): Emas dengan kemurnian 58,3%, di mana sisanya terdiri dari campuran logam lain seperti perak, tembaga, atau seng.
  6. 10 karat (10K): Emas dengan kemurnian 41,7%, di mana sisanya terdiri dari campuran logam lain seperti perak, tembaga, atau seng.


Semakin rendah jumlah karat pada emas, semakin banyak campuran logam lain yang digunakan dan semakin rendah pula kemurniannya. Begitu pula dengan harga emas yang semakin murah jika karat semakin rendah.

Namun, campuran logam lain pada emas juga memberikan keuntungan, seperti meningkatkan kekuatan dan daya tahan emas terhadap goresan aus. Campuran pada emas ini disebut paduan atau alloy.

Itulah penjelasan mengenai apa arti emas 16K dan beberapa pengetahuan tentang emas, kode emas, serta tingkat kemurnian pada logam mulia emas. Penting untuk mengetahui kode emas ketika Anda membeli emas.

Posting Komentar

© Kompasar. All rights reserved. Developed by Jago Desain