Mengenal Lebih Dalam Kode 18Kgp Emas Apa? Cari Tahu Asli Atau Bukan

Berikut informasi yang anda butuhkan untuk mengenal lebih detail tentang kode rmas 18kgp pada pergiasan dan barang lainnya.
Mengenal Lebih Dalam Kode 18Kgp Emas Apa? Cari Tahu Asli Atau Bukan

KOMPASAR.COM - Emas merupakan salah instrumen investasi yang paling aman dan terbilang banyak digemari. Ada banyak jenis emas yang bisa dibeli, salah satunya adalah Kode18kgp. Karena kurang populer banyak yang tidak tahu kode18kgp emas apa? dan apakah asli?

Perlu diakui karena minimnya informasi banyak orang yang akan mengira emas dengan kode ini merupakan emas palsu. Padahal, banyak sekali ketentuan dan informasi yang harus dicari tahu untuk menentukan emas asli atau palsu. Berikut adalah informasi yang selengkapnya. 

Mengenal Kode18Kgp Emas Apa?

Secara sederhana, Kode18Kgp adalah kode untuk mengukur kemurnian emas. Berdasarkan nilai yang tertera, maka emas dengan kode tersebut merupakan emas dengan kadar 18 karat. Sedangkan, KGP merupakan sebuah singkatan dari Karat Gold Plated

Sesuai dengan kepanjangannya, kode ini memberitahukan para pemiliknya bahwa perhiasan tersebut merupakan perhiasaan berlapis emas. Jadi, bisa dikatakan untuk perhiasaannya sendiri bukan emas murni. 

Namun emas 18k sendiri bisa dianggap sebagai emas murni. Jenis emas dengan besaran kadar 18 karat memang seringkali digunakan untuk melapisi perhiasan. Biasanya perhiasaan yang terbuat dari bahan alumunium, tembaga, dan kuningan yang dilapisi.

18KGP pada kode itu berarti adalah 18 bagian per seribu. Bisa dikatakan angka 18 pada kode tersebut adalah berat total dari semua logam dari berat keseluruhan seharusnya yaitu 24K. Bisa dituliskan juga dalam bentuk 18/24.  


Jadi Kode18Kgp Emas Apa? Asli Atau Palsu 

Mengenal Lebih Dalam Kode 18Kgp Emas Apa? Cari Tahu Asli Atau Bukan

Dari keterangan di atas bisa dikatakan bahwa emas 18 karat sendiri merupakan emas asli dan murni. Memang kadarnya tidak setinggi dan semurni 24 karat, namun masih dianggap sebagai emas asli dan bukanlah emas palsu. 

Namun, karena kadarnya yang ringan emas ini digunakan sebagai pelapis perhiasan yang terbuat dari bahan lain yang bukan emas. Jadi, perhiasaan itu bisa terlihat seperti seluruhnya emas padahal tidak. 

Jika disimpulkan asli atau tidaknya, bahan pelapisnya sendiri yaitu 18Kgp merupakan emas asli. Namun, perhiasaan dari bahan logam lain yang lebih murah. Otomatis menjadikan harga perhiasaan yang dilapisi tersebut akan jauh lebih murah karena memang bukan emas asli. 


Jenis Emas Kode18Kgp yang Jarang Diketahui 

Setelah menjawab Kode18Kgp emas apa selanjutnya mengenal jenis emas tipe ini. Tidak banyak orang tahu bahwa emas dengan kadar 18 karat pun memiliki jenis. Tepatnya ada 2 jenis, walaupun umum digunakan sebagai bahan pelapis mungkin tidak banyak menyadari. 

Berikut adalah dua jenis emas dengan kode18Kgp yang mungkin banyak orang tidak menyadarinya :  

1. Kode Emas 18Kgp Kuning 

Jenis pertama adalah Kode18Kgp emas kuning, seperti namanya lapisan emas ini memiliki warna kuning mengkilap yang sangat asli dengan warna emas pada umumnya. Lapisan ini memang sering kali digunakan untuk memberi warna emas pada perhiasaan logam lain. 

2. Kode Emas 18Kgp Putih 

Sesuai dengan namanya, emas 18Kgp ini memiliki warna putih. Pelapis ini memang cenderung digunakan untuk membuat tampilan perhiasaan menjadi lebih mengkilap karena warna putihnya yang memantul. 
Namun, jenis emas ini juga sering digunakan untuk menciptakan kesan bahwa perhiasaan dibuat dari emas putih asli. 


Ciri-Ciri Emas Kode18Kgp 

Kode18Kgp emas apa? dan bagaimana cirinya mungkin belum banyak diketahui. Perlu para pengguna tahu, bahwa emas kode18kgp pun bisa dipalsukan. Karena itu, para pengguna harus mengetahui ciri-cirinya yang akan disebutkan di bawah ini. 

  1. Memiliki sertifikat yang membuktikan keaslian emas. 
  2. Jika permukaannya digigit tidak akan ada bekas. 
  3. Permukaan emas tidak akan mudah tergoreng. 
  4. Warna tidak mudah pudar walaupun sudah digosok dengan kuat.
  5. Terdapat cap 18K yang menandakan kadar 18 karat pada lapisan emas. 

Ciri-ciri di atas adalah yang paling umum dimiliki oleh emas kode18Kgp. Karena itu, jangan sampai tertipu dengan emas lapisan lain yang mungkin terlihat bagus namun sebenarnya tidak asli. 

Adanya sertifikat dari emas kadar 18 karat membuktikan bahwa emas dengan kandungan lebih sedikit ini masih diakui sebagai emas murni. Karena itu, emas ini masih memiliki harga tertentu di pasaran.

 

Harga Emas Kode18Kgp 

Setelah mengetahui kode18Kgp emas apa dan mengetahui jika emas ini masih terbilang berharga. Tidak ada salahnya para pengguna untuk mencari tahu berapa harga emas jika dengan kadar ini. 

Perlu diakui, karena kadarnya yang lebih rendah dari emas murni maka harga dari jenis emas satu ini tidak terlalu tinggi dibandingkan emas 24K. Namun, bukan berarti emas ini tidak berharga sama sekali. 

Harga emas jenis ini yang terbaru sekitar Rp700.000 per gramnya. Sebagai emas yang asli, maka jenis emas ini juga bisa terpengaruh oleh kenaikan maupun penurunan harga emas nantinya. 



Investasi Dengan Emas Kode18Kgp 

Sudah diketahui sejak lama bahwa investasi emas merupakan model investasi yang paling aman dan juga stabil. Namun bagaimana jika emas yang dibeli adalah emas kode18Kgp? Apakah sama menjanjikannya dengan membeli emas dengan kadar karat penuh. 

Setelah mengetahui Kode18Kgp emas apa? dan ternyata cukup berharga. Para pengguna mungkin mempertimbangkan untuk melakukan investasi dengan membeli emas ini. Hal ini cukup menggiurkan karena harga emas jenis ini yang lebih rendah dari emas yang 24 karat. 

Namun, sebelum menentukan hal tersebut para pengguna harus memikirkan terlebih dahulu kerugian dan keuntungannya di bawah ini. 

A. Keuntungan Investasi dengan Emas Kode18Kgp 

Keuntungan investasi dengan jenis emas satu ini adalah harga belinya yang terbilang lebih murah jika dibandingkan dengan emas kadar 24 karat. Jadi, dengan dana terbatas pun seseorang bisa membelinya. 

Selain itu, karena masih terbilang emas asli maka emas 18 karat ini masih terpengaruh inflasi harga emas jika memang terjadi kenaikan harga. Jadi, para pengguna bisa mendapatkan keuntungan dengan harga beli lebih rendah ketika harga jual naik. 


B. Kerugian Investasi dengan Emas 18Kgp 

Kerugian investasi dalam bentuk ini adalah walaupun harga belinya rendah dari emas 24 karat. Begitu juga harga jualnya yang akan dan selalu lebih rendah dari emas 24K. Tidak hanya itu, jika terjadi penurunan nilai makan penurunannya akan sangat besar. 

Karena mengingat harga beli dari emas jenis ini saja sudah kecil. Jadi, ketika mengalami penurunan kerugian yang ditanggung kemungkinan besar lebih banyak. 

Secara profesional lebih baik investasi emas dengan emas kadar 24 karat saja atau mungkin saja membeli perhiasaan dibandingkan dengan emas 18Kgp. Walaupun memang ada keuntungan tertentu dengan emas ini. 

Namun, dalam jalur investasi dan pertaruhan keuangan, ada baiknya untuk memilih jalur yang paling aman. Jalur investasi dengan emas 24 karat lebih aman dibandingkan dengan kode18Kgp. 

Informasi mengenai kode18Kgp emas apa? di atas pasti sudah menjawab pertanyaan para pengguna. Jangan khawatir walaupun ukuran karat tidak maksimal, jenis emas ini masih dianggap sebagai jenis emas asli yang berharga. Jadi, Anda tidak perlu ragu memilikinya. 

Posting Komentar

© Kompasar. All rights reserved. Developed by Jago Desain