Cari Tahu Apakah Emas 18Kgp Bisa Dijual Kembali?

Mungkinkah emas 18Kgp dapat dijual kembali dengan harga yang menguntungkan? Pelajari fakta-faktanya dalam artikel berikut ini.
Cari Tahu Apakah Emas 18Kgp Bisa Dijual Kembali?

KOMPASAR.COM - Sebagai emas dengan harga yang lebih murah, banyak orang yang bertanya-tanya apakah emas 18Kgp bisa dijual kembali?. Karena jika bisa maka jenis emas ini bisa menjadi salah satu instrumen alternatif menyimpan uang. 

Namun, jika tidak kira-kira apakah akan merugikan memiliki jenis emas satu ini. Kode emas 18Kgp sebenarnya bukan hal yang baru dalam dunia perhiasaan. Banyak orang yang menjual dan menggunakan emas dengan kode ini.  

Emas memang merupakan salah satu investasi yang banyak dipilih. Karena jaminan kenaikan harganya dan kemanan nya. Pastinya, jika ada alternatif untuk berinvestasi emas dengan lebih murah. Orang akan cukup tertarik untuk mengetahui lebih jauh keuntungannya. 


Tentang Emas 18Kgp 

Sebelum mengetahui apakah emas 18Kgp bisa dijual kembali? Tentu saja, harus diketahui dengan jelas apa sebenarnya emas 18Kgp itu sendiri. Secara sederhana, emas jenis ini adalah jenis emas dengan harga lebih murah dibandingkan jenis emas lain. 

Hal yang membuatnya lebih murah adalah kadar dari emas itu sendiri yang bukan 24 karat seperti emas murni. Namun, hanya 18 karat saja, sedangkan kode Kgp yang mengikutinya merupakan singkatan dari Karat Gold Plated

Jenis emas ini memang seringkali digunakan sebagai pelapis saja. Sedangkan, perhiasannya lebih banyak menggunakan bahan lain. Mungkin platina, aluminium, atau tembaga, karena memang yang emas hanya bagian pelapisan saja. 

Belum lagi dengan kadar karat yang tidak terlalu tinggi. Tentunya, menjadi wajar jika harga jenis emas ini tidak begitu mahal malah terbilang rendah dibandingkan jenis emas lain. 


Hal yang Harus Diperhatikan dari Emas 18Kgp 

Cari Tahu Apakah Emas 18Kgp Bisa Dijual Kembali?

Apakah emas 18Kgp bisa dijual kembali? tidak akan terjawab jika para pembeli tidak mengetahui poin-poin penting mengenai jenis emas ini sendiri. Dalam membeli dan menggunakan emas jenis ada beberapa hal yang perlu para pengguna perhatikan. 

1. Petunjuk Adanya Lapisan Emas

Hal pertama yang harus para pengguna perhatikan adalah kode emas 18Kgp merupakan tanda adanya lapisan emas. Jadi, memang ada emas di dalamnya namun hanya sebagai bahan pelapisan saja. Sedangkan, bahan utamanya bisa dipastikan bukanlah emas. 

2. Bahan Utamanya Bukan Emas

Seperti yang disebutkan sebelumnya, bahan utama dari perhiasaan dengan kode 18Kgp ini bukan emas. Ada berbagai pilihan bahan yang bisa dipilih dan kemudian dilapisi dengan emas. Bahan yang digunakan ini akan mempengaruhi juga harga beli dan jual.

3. Memiliki Penampilan Seperti Emas Asli

Jika dilihat dari penampilannya saja, bisa dipastikan banyak orang yang tidak bisa membedakan antara emas asli dan emas 18Kgp. Karena keduanya sangat mirip dan identik, jadi ketika menggunakannya para pengguna tetap bisa terlihat elegan dan bergaya. 

4. Bisa Pudar Seiring Penggunaan

Sayangnya seiring dengan penggunaan, ada kemungkinan bahwa lapisan emas pada perhiasaan akan memudar. Namun, sebenarnya hal ini bukan hal yang perlu sangat dikhawatirkan. Karena perhiasaan ini bisa dicuci ulang dengan lapisan emas. 

Harga untuk jasa melapisi emas ini juga cukup murah. Selain itu, walaupun bisa pudar perlu waktu lama sampai warna bisa benar-benar pudar. Jadi, para pengguna bisa menggunakan perhiasaan dalam waktu yang cukup lama sebelum warnanya menghilang. 

Hal-hal di atas harus diperhatikan dengan baik oleh para pengguna. hal ini penting agar nantinya bisa menentukan value dari perhiasaan emas itu sendiri. Sekaligus sebagai dasar pemahaman apakah emas 18Kgp bisa dijual kembali? atau tidak. 


Keunggulan dari Perhiasaan Emas 18Kgp

Emas 18Kgp dimintai bukan tanpa alasan, karena memang ada berbagai keunggulan dari jenis emas atu ini. Bahkan, bisa dibilang peminat dari jenis emas 18Kgp ini cukup banyak dan setiap penjualannya cukup lurus. 

Sebelum membeli dan menggunakan jenis ini, tidak ada salahnya mengetahui kelebihannya lebih dulu. Berikut adalah berbagai keunggulan yang bisa para pengguna dapatkan. Jika para pengguna ingin membeli dan menggunakan jenis emas satu ini. 

  • Harga beli yang dijamin lebih murah dibandingkan jenis emas lain dengan karat lebih besar. 
  • Penampilannya tetap seperti perhiasaan emas yang mewah dan cukup awet digunakan dalam jangka waktu yang lama. 
  • Proses pembuatan dan peningkatan penampilannya sangat mudah. Bahkan, bisa dibilang lebih mudah dibandingkan dengan perhiasaan yang dibuat dengan emas asli. 

Berbagai kelebihan emas 18kgp akan secara otomatis didapatkan oleh para pengguna perhiasaan dari bahan emas jenis ini. Jika dilihat dari kelebihannya saja, sebenarnya menggunakan perhiasaan dengan bahan emas ini cukup menguntungkan. 


Apakah Emas 18Kgp Bisa Dikatakan Sebagai Emas?

Sebelum merasa yakin apakah emas 18Kgp bisa dijual kembali? Maka harus dipastikan terlebih dahulu apakah jenis emas ini bisa dikatakan sebagai emas. Apalagi, pada pembahasan sebelumnya bisa diketahui bahwa bahannya bukan emas pada perhiasaan. 

Jika dikatakan perhiasaan emas kode 18Kgp adalah emas atau bukan. Maka, bisa dijawab dengan pasti bahwa jenis perhiasan dan emas ini masihlah bisa dibilang emas. Namun, memang ada kondisi khusus pada perhiasaan ini. 

Karena emas hanya terdapat di lapisan atasnya saja. Tidak hanya, hanya sedikit komposisi emasnya, kadar dari lapisannya pun tidak terlalu tinggi tepatnya hanya 18 karat saja. Hal ini juga yang menyebabkan harga emas kode 18Kgp dipastikan lebih murah. 

Secara penampilan, tidak perlu diragukan bahwa jenis emas ini adalah emas. Dari segi fisik, memang tidak ada perbedaan yang menonjol. Antara emas dengan kode 18Kgp dan juga emas yang asli dengan kadar penuh. 


Apakah Emas 18Kgp Bisa Dijual Kembali?

Jika pertanyaannya apakah emas 18Kgp bisa dijual kembali? maka jawaban yang pasti adalah bisa. Seperti yang disebutkan sebelumnya, walaupun hanya di lapisan saja dan kadar yang tidak terlalu tinggi, emas 18Kgp masih dianggap sebagai emas. 

Hal ini artinya, perhiasan dengan emas kode 18Kgp sebenarnya masih dianggap emas dan memiliki harga tersendiri. Namun, seperti yang disebutkan sebelumnya harga beli dari emas ini jauh lebih rendah dibandingkan jenis emas yang lainnya. 

Karena alasan-alasan yang disebutkan sebelumnya yaitu kadar emas dan emas yang hanya di lapisan saja. Hal ini juga yang menyebabkan harga jual dari jenis emas ini juga tidak terlalu tinggi. Malah pada satu titik mungkin harga jualnya lebih rendah dari harga belinya. 


Pada dasarnya jenis perhiasaan ini ditujukan untuk perhiasaan dan penampilan saja. Karena itu, tidak direkomendasikan sebagai instrumen investasi walaupun harganya sangat murah. Para pemilik juga akan kesulitan untuk menjualnya. 

Karena, emas jenis ini tidak bisa dijual di toko-toko emas biasa. Toko yang mau menerima jenis ini adalah toko yang biasanya membuka jasa sepuhan juga. Harganya tidak terlalu mengikuti harga jual emas pasaran karena itu sulit untuk mendapatkan keuntungan. 


Itulah jawaban lengkap dari pertanyaan apakah emas 18Kgp bisa dijual kembali?. Secara sederhana, jawabannya memang bisa. Namun, bisa dibilang penjualannya tidak terlalu menguntungkan dan banyak pertimbangan jika digunakan sebagai investasi. 

Posting Komentar

© Kompasar. All rights reserved. Developed by Jago Desain