Sterling Silver 925 Berkarat atau Tidak? Ini Jawabannya

Pertanyaan tentang sterling silver 925 berkarat atau tidak akan terjawab dengan jelas setelah Anda mengetahui faktanya berikut ini
apakah sterling silver bisa luntur

Pertanyaan tentang sterling silver 925 berkarat atau tidak akan terjawab dengan jelas setelah Anda mengetahui fakta-faktanya. Sterling silver atau perhiasan yang terbuat dari bahan dasar perak kerap dianggap sebagai perhiasan nomor dua, di bawah emas murni.

Namun, desainnya yang menarik tetap memberikan daya tarik tersendiri sehingga orang-orang lebih memilihnya. Jenis perak yang digunakan juga memiliki ketentuan khusus sehingga tidak sembarang perak bisa dijadikan perhiasan dalam bentuk apapun.


Sterling Silver 925 Berkarat atau Tidak?

https://www.kompasar.com/

Sekilas tentang sterling silver 925, hal pertama yang harus diketahui adalah perak murni atau fine silver memiliki kandungan perak sebesar 99,9% dan hanya 0,1% kandungan logam lainnya. Dalam hal ini, perak murni tidak dianjurkan jadi bahan baku.

Karena semakin tinggi kandungan peraknya maka semakin sulit perak dibentuk atau nanti akan terlalu lembut. Berbeda dengan emas, justru perak sangat dianjurkan dicampur dengan kandungan logam lainnya agar proses pembuatan lebih mudah dan juga lebih kuat.

Sterling silver 925 merupakan perhiasan dengan kandungan perak sebanyak 92,5% sementara sisa 7,5% lainnya adalah logam lain. Pertanyaan sterling silver 925 berkarat atau tidak akan lebih mudah dipahami jawabannya setelah memahami penjelasannya dulu.

Biasanya jenis logam yang dijadikan campuran perak adalah nikel, tembaga, dan seng dengan kadar 7,5%. Perpaduan salah satu dari tiga jenis logam tersebut dengan perak akan memberikan kesan berkilau lebih baik dan tentunya menarik secara visual.

Jadi, apakah sterling silver bisa berkarat? Jawabannya tidak. Hal ini dapat divalidasi dari keputusan banyak perancang ternama yang memilih sterling silver karena keunggulannya tidak menimbulkan karat. Jenis perhiasan ini bahkan bisa bertahan sampai seumur hidup.

Terlepas dari sterling silver 925 berkarat atau tidak, salah satu kekurangannya memang mudah pudar saat terkena udara. Tapi, di sisi lain perawatannya mudah sehingga Anda bisa memoles secara rutin untuk menghindari kepudaran tersebut.


Mengenal Keunggulan Sterling Silver 925

Tentu ada alasan tersendiri kenapa sekalipun bukan emas, orang lebih menyukai sterling silver. Perhiasan yang terbuat dari perak ini memiliki berbagai keunggulan, diantaranya:

  1. Lebih banyak digunakan dan menjadi pilihan masyarakat luas dibandingkan emas, bisa jadi karena harganya terjangkau.
  2. Merupakan barang mewah kedua di bawah emas yang memiliki nilai jual tinggi.
  3. Jika masih ragu dengan pernyataan, sterling silver 925 berkarat atau tidak maka jawabannya tidak berkarat.
  4. Harga ekonomis, namun masih layak dijual kembali dengan keuntungan lumayan.
  5. Memiliki warna yang menarik bahkan kerap sulit dibedakan dari emas putih.
  6. Berdasarkan statistik, nilai perak lebih signifikan naik dibandingkan harga emas.
  7. Banyak menjadi pilihan bagi lelaki Muslim yang menjunjung tinggi aturan bahwa lelaki tidak boleh menggunakan emas.

Berbagai kelebihan di atas menjadi pertimbangan kenapa banyak orang memilih perhiasan perak. Baik emas maupun perak memiliki kelebihannya tersendiri, tinggal disesuaikan dengan kebutuhan dan tentunya dana hendak memilih jenis perhiasan yang mana.


Cara Memeriksa Keaslian Perhiasan Perak

Ketika membeli segala sesuatu, terlebih hendak menjadikannya investasi tentu tidak boleh sembarangan. Sebagai informasi, Anda bisa memeriksa keaslian perhiasan dengan mudah melalui langkah-langkah berikut:

  1. Periksa apakah ada tanda 925 atau S925 pada perhiasannya, jika ada maka dipastikan produk asli dan pernyataan sterling silver 925 berkarat atau tidak sudah terjawab jelas.
  2. Bisa langsung ke tempat terpercaya dan profesional untuk memeriksakan apakah produknya asli atau tidak.
  3. Lap dengan kain, lihat hasilnya. Perak asli akan meninggalkan bekas kehitaman pada kain.
  4. Coba dentingkan menggunakan benda keras maka yang asli akan menunjukkan suara mirip denting bel setidaknya satu sampai dua detik.
  5. Cara mudah lainnya adalah dengan mencium perhiasan, pernyataan terkait sterling silver 925 berkarat atau tidak akan semakin kuat apabila tidak tercium aroma kuat sama sekali. Jika aromanya kuat maka bisa jadi kebanyakan kandungan tembaga.
  6. Lihat fleksibilitasnya, jika mudah lentur saat digigit atau sedikit dibengkokkan maka dipastikan perhiasan tersebut didominasi oleh perak.
  7. Seperti emas, perak juga tidak memiliki kandungan magnet sama sekali sehingga ketika didekatkan ke magnet maka perhiasan tersebut tidak akan tertarik.
  8. Perak memiliki kandungan panas cukup tinggi sehingga ketika diletakkan di atas es batu maka es batu akan segera mencair.

Paling mudah dan sedikit risiko adalah memeriksakan langsung perhiasan ke ahlinya. Di sini Anda akan dijelaskan terkait pertanyaan yang sering diajukan, yakni apakah sterling silver bisa luntur? Profesional akan secara detail menjelaskannya.


Mengenal Jenis-jenis Perhiasan Perak Lainnya

Sterling silver merupakan satu dari sekian banyak jenis perhiasan perak yang banyak beredar di dunia. Selain itu, perhiasan dari bahan dasar perak juga bisa ditemukan dalam beberapa jenis, seperti:

  1. Perhiasan perak atau silver jewelry yang memiliki kandungan perak sangat banyak, namun tetap ada campuran logam lain di dalamnya. Kandungan logam memiliki peran penting untuk membuat tekstur perhiasan menjadi lebih kuat.
  2. Selain keyakinan untuk pernyataan sterling silver 925 berkarat atau tidak, perak menghadirkan jenis perhiasan lain, seperti perhiasan perak halus atau fine silver jewelry yang terdiri atas 99,9% perak dan 0,1% kandungan logam lain.
  3. Perhiasan perak Argentina atau Argentium silver jewelry dengan dua tingkat kemurnian, yakni 96% dan 93,2%. Dipastikan perhiasan jenis ini bebas dari nikel, akan tetapi dari sisi harga juga dipatok dengan nilai cukup tinggi.
  4. Perhiasan perak koin dari Amerika Serikat dulu pernah tren pada masanya, namun saat ini sudah terbilang jarang ditemukan. Tetapi, sejarah dan ceritanya masih bisa Anda cari dari berbagai sumber.
  5. Di samping pertanyaan sterling silver 925 berkarat atau tidak, ada juga jenis perhiasan perak suku yang biasanya digunakan sebagai jenis perhiasan untuk tujuan eksotisme.

Lima jenis perhiasan silver di atas menjadi pilihan lain selain sterling silver 925 di pasaran. Anda bisa mendapatkan salah satunya sesuai kebutuhan dan tujuan pembelian. Ada yang membeli khusus untuk dijadikan aksesoris, ada juga yang membuatnya sebagai investasi.

Yang terpenting adalah menemukan tempat terpercaya untuk mendapatkan barang berkualitas. Karena sterling silver 925 berkarat atau tidak, sudah pasti yang asli tidak berkarat sama sekali, jadi aman dan tidak perlu diragukan lagi keasliannya.

Posting Komentar

© Kompasar. All rights reserved. Developed by Jago Desain