Memahami Apa Itu Gold Plated Sterling Silver Sebagai Perhiasan

Mengenal dengan baik apa itu gold plated sterling silver sebagai salah satu jenis perhiasan yang banyak digunakan.
Memahami Apa Itu Gold Plated Sterling Silver

Menjawab pertanyaan, apa itu gold plated sterling silver secara tepat dapat membantu Anda mengenali perhiasan asli atau bukan. 

Gold plated merupakan sebuah metode untuk menambahkan lapisan emas ke permukaan lainnya, seperti pada permukaan perak.

Selain ditambahkan pada perak, plating juga bisa ditambahkan pada stainless steel, tembaga, titanium, dan aneka logam lainnya. 

Tujuan dari dilakukannya plating untuk memberikan daya tahan lebih lama serta memberikan efek keindahan lebih pada emasnya.


Apa Itu Gold Plated Sterling Silver?

Untuk memahami gold plated sterling silver, dalam bahasa Indonesia, gold plated artinya lapis emas. Untuk selanjutnya agar lebih mudah, akan menggunakan istilah lapis emas saja. Jadi, ini merupakan sebuah alternatif bagi yang ingin tampil estetik dengan emas.

Harga emas dari waktu ke waktu semakin meningkat mengikuti harga uang dunia. Tentu ini menjadi kekhawatiran bagi segelintir orang yang membutuhkan emas untuk berbagai keperluan. Tapi, gold plated apakah emas asli? Tentu saja asli dengan kandungan sedikit.

Dari segi harga, lapis emas menawarkan kisaran jual lebih murah dibandingkan emas asli. Sebagai contoh, emas putih merupakan perpaduan antara emas dengan logam putih yang umumnya disebut palladium. Kandungan rhodium yang membuat warnanya putih bersinar.

Menjawab pertanyaan apa itu gold plated sterling silver, ketebalan lapisan emasnya sendiri bisa beragam. Namun, dari FTC atau Federal Trade Commission menetapkan aturan baku ketebalannya 0,5 mikron dengan heavy gold plated sebesar 2,5 mikron.


Mengetahui Proses Pembuatan Gold Plated

https://www.kompasar.com/2023/04/apa-itu-gold-plated-sterling-silver.html

Proses yang terjadi dalam lapis emas adalah perubahan energi listrik menjadi energi kimia atau elektrokimia. Proses yang terjadi melibatkan elektroda, di mana logam-logam dihubungkan dengan listrik dan juga proses elektrolit atau pencelupan logam ke cairan.

Adapun jawaban dari apa itu gold plated sterling silver merupakan sebuah proses tradisional yang melalui beberapa tahapan. Untuk tahapan-tahapannya bisa melihat langkah-langkah berikut:

  1. Rendam logam, dalam hal ini ambil contoh saja perak dalam air panas yang telah ada campuran potasiumnya.
  2. Logam perak dicuci dengan buah lerak untuk kemudian disikat dengan detail.
  3. Jika hasil sikatan sudah bersih maka selanjutnya logam dicelupkan ke larutan potas serta emas yang telah dipanasi.

Seiring berjalannya waktu tentu ada berbagai perubahan dan perkembangan dalam proses tradisional tersebut. Karena kandungan logamnya bisa mendominasi maka penting dipahami bahwa lapis emas tidak termasuk emas asli atau bukan emas murni.

Bagian luarnya bisa dilapisi emas 10 karat sampai 24 karat, namun bagian tengah atau dalamnya merupakan kandungan logam lain. Maka penting sekali untuk mengetahui bahwa salah satu jawaban apa itu gold plated sterling silver adalah bukan emas asli.


Kelebihan dan Kekurangan Gold Plated

Bicara soal penjelasan apa itu lapis emas, rasanya tidak lengkap jika tanpa mengetahui kelebihan serta kekurangannya. Kali ini kami akan membahas kelebihan sekaligus kekurangan secara terpisah melalui pembahasan berikut!

1. Kelebihan Gold Plated Sterling Silver

Sekalipun bukan termasuk emas murni karena kandungannya berlapis logam lain, namun banyak kelebihan dari jenis ini. Beberapa kelebihan tersebut dapat dirincikan melalui poin-poin berikut:

  • Dari segi harga memang memiliki kisaran lebih rendah dibandingkan emas murni karena ada campuran logam lain di dalamnya.
  • Kesan pertama yang dihadirkan nyaris sama sekali tidak ada bedanya dengan emas asli karena permukaannya memang dilapisi emas betulan. Namun, saat dibelah akan terlihat jelas kandungan berbagai logam di dalamnya.
  • Sempurna untuk membuat penampilan semakin menarik dengan harga terjangkau. Salah satu jawaban apa itu gold plated sterling silver ini bisa dirasakan oleh kalangan lebih luas.
  • Tren yang terus berganti tidak menjadi alasan produk ini mengeluarkan variasi karena setiap saatnya sangat terbuka dan memungkinkan sekali untuk mengikuti trend.
  • Dari segi desain lebih tidak terbatas waktu karena lebih cepat menyesuaikan trend gaya perhiasan dari waktu ke waktu.

Berbagai kelebihan di atas menjadi alasan beberapa orang lebih menyukai lapis emas dibandingkan emas murni. Bukan hanya karena alasan ekonomi, bisa juga ada orang yang memilih lapis gold plated karena memang suka dengan ketahanannya.

2. Kekurangan Gold Plated Sterling Silver

Untuk menyempurnakan pemahaman terkait apa itu gold plated sterling silver, pahami juga apa saja kekurangan dari produk tersebut. Di bawah ini kami merangkum berbagai kekurangannya melalui poin-poin berikut:

  • Molekul logam yang berlapis emas memiliki kerentanan terhadap noda yang begitu tinggi. Saran bagi pengguna jenis perhiasan ini sebaiknya berhati-hati ketika menggunakannya.
  • Dalam kondisi tertentu, orang akan bertanya apakah gold plated bisa luntur? Lapis emas bisa saja mengelupas dan tergores sehingga secara tidak langsung menurunkan nilai jual perhiasannya.
  • Berbeda dengan emas murni, jenis perhiasan ini memiliki ketahanan rendah terhadap air, jadi sebaiknya dilepas saat hendak mandi.
  • Nilai jualnya kembali rendah, kurang cocok untuk dijadikan investasi, kecuali memang tujuan beli hanya untuk dipakai dan tidak dijual kembali.

Masih terdapat banyak poin kelebihan dibandingkan poin kekurangan, namun tetap harus dipertimbangkan. Kelebihan dan kekurangan tersebut menjawab apa itu gold plated sterling silver secara baik dan benar dalam ranah pemilihan perhiasan.


Memilih Emas Murni atau Gold Plated?

Memilih emas murni atau lapis emas tentu tergantung tujuan pemakaian dan kebutuhannya untuk apa. Terlepas dari dana yang sedikit lebih hemat, kepuasan juga menjadi salah satu alasan orang memilih lapis emas dibandingkan emas murni dengan kadar lebih tinggi.

Setiap orang akan memiliki pilihan berbeda, jika ingin yang desainnya tidak lekang waktu maka bisa pilih gold plated. Namun, jika ingin yang nilai jualnya tinggi maka sesuai penjelasan apa itu gold plated sterling silver, kurang cocok untuk dijadikan investasi.

Yang penting untuk diketahui adalah karena trend perhiasan ini semakin waktu semakin banyak maka orang mesti paham dengan jelas. Sebelum membeli, sebaiknya cari tahu teorinya seperti apa baru memutuskan untuk mengikuti perkembangan zaman.

Jangan sekadar mengikuti trend, namun tidak tahu bahwa gold plated bukan termasuk emas murni. Pentingnya mencari tahu sejak awal akan menyesuaikan tujuan pembelian yang sebenarnya, contoh untuk investasi atau untuk digunakan.

Jika untuk investasi maka rasanya emas murni masih lebih cocok karena berbagai faktor membuat nilai jual tinggi. Pertanyaan tentang apa itu gold plated sterling silver telah terjawab dengan baik, sekarang tinggal tentukan untuk apa tujuan pembelian emasnya.

Posting Komentar

© Kompasar. All rights reserved. Developed by Jago Desain