Aplikasi Cek Keaslian Emas Antam, CertiEye dan Opsi Lainnya

Ketika membeli emas tentu tidak ada jaminan akan kemurnian maupun keasliannya jadi perlu mencoba aplikasi cek keaslian emas Antam ini
Aplikasi Cek Keaslian Emas Antam

Apakah Anda ingin mencoba aplikasi cek keaslian emas Antam untuk menguji keasliannya? Memang, banyak sekali produk di pasaran yang mungkin dipalsukan, termasuk logam mulia.

Logam mulia dalam bentuk batangan mempunyai harga cukup mahal. Jadi, wajib menghindari produk palsu supaya tidak rugi. Lantas, bagaimana caranya agar mampu membuktikan kemurnian atau keasliannya?

Sebenarnya ada banyak cara untuk cek keaslian logam mulia, salah satunya ialah menggunakan aplikasi. Ada banyak juga pilihan aplikasinya di smartphone. Jadi, mari menyimak rekomendasi dan panduan penggunaan aplikasinya dalam artikel ini.


Mengenali Fitur Keamanan Emas Antam

Sebelum membahas aplikasi cek keaslian emas Antam, mari berkenalan dahulu dengan fitur keamanan dari logam mulia tersebut. Jadi, tidak terburu-buru mencari tahu cara memastikan emasnya asli atau tidak. 

Perlu Anda ketahui bahwa produk emas Antam sudah mengantongi sertifikat London Bullion Market Association (LMBA). LMBA ialah lembaga internasional yang menjadi penyusun dan pengelola standar kualitas pemurnian emas dunia. 

Standar LMBA mampu memberikan jaminan nilai kemurnian dari produk emas yang diperjualbelikan. Termasuk menjamin rantai pasokan emas yang mempunyai tanggung jawab atau terbebas dari aktivitas pelanggaran HAM, pencucian uang maupun terorisme.

Sebelum menggunakan aplikasi cek keaslian emas Antam, Anda wajib tahu jika standar LMBA telah diakui di seluruh dunia. Jadi, produk asli dari Antam pasti sudah terjamin kemurniannya.

Setelah membeli produknya, Anda boleh saja menguji kemurniannya. Karena belum tentu toko yang Anda pilih menjual produk aslinya, bisa saja justru menjual logam mulia palsu. 

Ketika membeli produk aslinya, Anda akan menemukan CertiCard. Apa itu CertiCard emas Antam? Teknologi CertiCard adalah fitur keamanan paling baru pada logam mulia tersebut. Sertifikat keasliannya menyatu dengan kemasan produk. 

Secara sederhana, Anda bisa mengenali keaslian produknya dengan cek keadaan kemasan. Ketika kemasannya bagus, maka ada kemungkinan kualitas dan kemurniannya terjaga. 

Selain itu, dapat mencoba scan barcode di bagian belakang kemasan menggunakan aplikasi. Cara lainnya ialah menguji menggunakan sinar UV. Jadi, silahkan memilih caranya sesuai dengan kemampuan.

Apabila sudah memutuskan hendak menggunakan aplikasi, pastikan untuk menyediakan ruang penyimpanan pada smartphone. Jadi, nantinya bisa mengunduh dan mengoperasikan aplikasinya dengan lancar.


Aplikasi Cek Keaslian Emas Antam: CertiEye

Cara paling mudah yang dapat dilakukan untuk cek keaslian logam mulia ialah menggunakan smartphone. Hampir setiap orang bisa melakukannya di rumah tanpa membayar biaya tertentu. 

Lantas, apa nama aplikasi cek keaslian emas Antam? Salah satu rekomendasinya ialah CertiEye. Melalui CertiEye, Anda dapat mengetahui sebuah logam mulia apakah asli atau palsu. 

Aplikasi Cek Keaslian Emas Antam

Melalui teknologi CertiEye, Anda bisa memantau emas batangan Antam LM dalam berbagai pecahan. Mulai dari pecahan 0,5 gram, 1 gram, 2 gram, 3 gram, 5 gram, 10 gram, 25 gram, 50 gram hingga 100 gram.

Aplikasi cek keaslian emas Antam CertiEye ini tergolong inovasi yang mampu meningkatkan keamanan produk logam mulia untuk konsumen. Jadi, konsumen dapat memastikan keasliannya secara mandiri melalui cara di bawah ini. 

1. Mengunduh 

Langkah paling awal tentu saja mengunduh CertiEye menggunakan smartphone. Silahkan mencarinya di Google Play Store atau App Store. Lantas, klik saja pilihan unduh atau download.

2. Menginstall

Langkah berikutnya ialah menginstall CertiEye pada smartphone. Cukup klik menu “install” yang umumnya di bagian kanan. Lantas, tunggu saja sampai prosesnya selesai.

Terkadang, proses ini bisa memakan waktu sampai beberapa menit. Tidak jarang menyesuaikan kecepatan koneksi internet pada perangkat. Jadi, tidak perlu terburu-buru dalam proses penginstalan ini.

3. Mengakses CertiEye

Apabila CertiEye sudah terinstall pada smartphone, silahkan membuka atau mengaksesnya. Umumnya akan tampil halaman utama dengan ikon kamera dan tulisan scan pada bagian tengah. Silahkan klik ikon tersebut, lantas berikan izin akses ke kamera dan lokasi perangkat.

4. Scan Barcode

Langkah berikutnya ialah scan barcode (CertiCode). Lantas, bagaimana cara scan barcode emas Antam? Cukup arahkan saja smartphone ke barcode sampai CertiEye bisa membaca barcode tersebut.


Mengatasi Kendala atau Masalah dalam Mengakses CertiEye

Tatkala mengakses CertiEye di smartphone, tentu tidak ada jaminan akan selalu lancar. Ada kemungkinan muncul kendala atau masalah sederhana yang dapat diatasi. Mari menyimak beberapa kemungkinan kendalan atau masalah dan cara mengatasinya di bawah ini.

1. Error karena Hilangnya Koneksi Internet 

Kemungkinan kendala yang mudah dijumpai ialah aplikasi cek keaslian emas Antam mengalami error sebab hilangnya koneksi internet. Jika koneksi internet terputus, maka proses scan barcode akan terhambat.

Jadi, smartphone harus selalu terhubung dengan internet apabila ingin menggunakan CertiEye. Silahkan mengaktifkan data seluler atau WiFi supaya aplikasinya dapat berjalan dengan baik.

2. Smartphone Tidak Mendukung CertiEye

Tidak semua jenis smartphone bisa digunakan untuk mengunduh maupun mengakses aplikasi cek keaslian emas Antam. Biasanya smartphone versi lama atau RAM kecil tidak dapat digunakan untuk mengakses CertiEye.

Lantas, bagaimana jika hanya punya smartphone versi lama? Anda bisa meminjam milik keluarga, saudara atau rekan untuk cek keaslian logam mulia. Jadi, tidak harus membeli smartphone baru.

3. CertiEye Mengalami Error 

Ada kemungkinan CertiEye tidak dapat digunakan setelah Anda mengunduh dan menginstallnya. Misalnya saja tidak bisa diakses walaupun sudah mencobanya selama beberapa kali.

Apabila terjadi hal semacam itu, berarti CertiEye mengalami error. Namun, tidak perlu khawatir karena bisa mencoba mengunduh dan menginstallnya lagi. Umumnya dengan cara tersebut masalah dapat terselesaikan.

Jadi, tidak perlu panik tatkala CertiEye tidak bisa diakses atau tiba-tiba terhenti ketika proses scan barcode. Temukan akar masalahnya lantas terapkan solusi yang sesuai.


Pilihan Aplikasi Lain untuk Cek Keaslian Emas Antam

Selain CertiEye, masih ada pilihan aplikasi cek keaslian emas Antam lainnya. Mari simak beberapa pilihannya di bawah ini dan silahkan gunakan mana yang sesuai dengan kebutuhan.

1. Aplikasi Cara Cek Emas Asli

Aplikasi ini dibesut oleh Pokopow Dev yang juga memuat tutorial cek emas. Semua orang bisa mengaksesnya secara gratis pada smartphone. Anda juga bisa mempertimbangkan penggunaannya pada perangkat.

2. Aplikasi UBS Gold

UBS juga menyediakan aplikasi khusus untuk mengecek keaslian logam mulia. UBS menyematkan fitur berupa teknologi augmented reality (AR) berbentuk karakter tokoh yang siap melayani.



Ketika membeli logam mulia tentu tidak ada jaminan akan kemurnian maupun keasliannya. Karena, tidak semua toko menjual produk asli. Oleh sebab itu, penting untuk tahu aplikasi cek keaslian emas Antam.  

Posting Komentar

© Kompasar. All rights reserved. Developed by Jago Desain