Apakah Emas 18kgp Bisa dijual di Toko Emas?

Pernahkah Anda bertanya apakah emas 18kgp bisa dijual di toko emas mengingat harganya yang murah, mari simak jawabannya di sini.
Apakah Emas 18kgp Bisa dijual di Toko Emas

Apakah emas 18kgp bisa dijual di toko emas? Mengingat harganya yang lebih murah, tentu wajar saja jika terpikirkan pertanyaan semacam itu. Apalagi logam mulia memang umum dijadikan instrumen investasi yang dijual lagi ketika membutuhkan uang.

Emas 18kgp sendiri cukup populer dijadikan sebagai perhiasan, baik untuk anak-anak maupun orang dewasa. Karena harganya murah, orang-orang bisa membeli dalam jumlah banyak untuk menunjang penampilan terutama ketika ada acara khusus. 

Lantas, apakah menguntungkan atau justru merugikan ketika menjadikan emas 18kgp sebagai salah satu alternatif untuk menyimpan uang? Supaya Anda tidak salah mengambil langkah, mari menyimak informasi lengkapnya dalam artikel ini.


Perhiasan Emas 18kgp Tidak Sepenuhnya terbuat dari Logam Mulia Murni 

Apakah Emas 18kgp Bisa dijual di Toko Emas

Emas 18kgp umumnya dijual dalam bentuk perhiasan dan sudah banyak orang yang mengenalnya. Namun, tentu saja sebagian orang masih mempertanyakan apakah emas 18kgp bisa dijual di toko emas.

Pertama, mari mengenali terlebih dahulu tentang perhiasan tersebut. Jadi, istilah kgp menunjukkan singkatan dari karat gold plated yang hanya digunakan sebagai lapisan pada suatu perhiasan. 

Jadi, emasnya hanya ada pada lapisannya, bukan pada seluruh perhiasannya. Tentu kadar kemurnian emasnya sangat sedikit karena hanya dipakai sebagai lapisan. Jadi, jangan heran apabila harga perhiasannya cukup murah.

Sebelum memikirkan apakah emas 18kgp bisa dijual di toko emas, mari kenali beberapa poin pentingnya. Berikut ini sejumlah poin penting yang wajib dipahami.

Logam Mulia hanya digunakan sebagai Lapisan
Pada perhiasan 18kgp, emasnya hanya difungsikan sebagai pelapis. Jadi, bukan berarti tidak ada kandungan emasnya sama sekali. Kandungannya ada, namun hanya pada lapisan perhiasannya. 

Jadi, apabila ada pertanyaan kode 18kgp apakah emas? Jawabannya ialah benar emas. Namun, emasnya hanya ada pada lapisan suatu perhiasan, bukan sebagai bahan baku utama perhiasannya.

Bahan Utama Perhiasan adalah Logam Lain 

Jika emasnya hanya digunakan sebagai lapisan, lantas apa bahan utama perhiasannya? Bahan utamanya ialah logam lain. Jadi, sangat berbeda dengan perhiasan pada umumnya yang bahan dasarnya memakai logam mulia murni. 

Tampilannya Mirip Perhiasan Logam Mulia Biasa

Karena lapisannya menggunakan logam mulia, perhiasan 18kgp tetap mampu memberikan tampilan berkilau yang cantik. Sehingga setiap orang dapat memakai perhiasannya dengan percaya diri.


Beragam Keunggulan dari Perhiasan 18kgp

Ketika muncul pertanyaan apakah emas 18kgp bisa dijual di toko emas, biasanya karena perhiasannya cukup menarik perhatian. Tahukah Anda bahwa perhiasan 18kgp punya berbagai keunggulan?

Karena beragam keunggulannya, banyak orang tertarik untuk membelinya. Terutama mengingat harganya juga cukup terjangkau. Jadi, coba simak keunggulan di bawah ini sebelum mencoba untuk membelinya.

1. Harga Murah

Keunggulan pertama yang wajib Anda tahu adalah harganya murah. Bahkan jauh lebih murah jika dibandingkan dengan perhiasan logam mulia biasa. Cukup dengan menyiapkan sedikit dana, sudah bisa membantu menunjang penampilan.

2. Tampilannya Mewah 

Hanya karena harganya murah bukan berarti lantas tampilannya juga tampak murahan. Perhiasan 18kgp justru tampak mewah tidak jauh berbeda dengan perhiasan emas biasa. Bukankah sangat menarik bisa mendapatkan produk murah namun tampilannya mewah?

3. Proses Pembuatan Mudah

Sebelum bertanya apakah emas 18kgp bisa dijual di toko emas, sebaiknya Anda juga tahu tentang proses pembuatan perhiasannya. Jadi, proses pembuatannya terbilang lebih mudah jika dibandingkan dengan yang bahan dasarnya logam mulia.

Karena berbagai keunggulan di atas, banyak orang tertarik untuk membeli dan menggunakan emas 18kgp. Namun, hanya difungsikan sebagai perhiasan yang menunjang penampilan. Bukan digunakan sebagai instrumen investasi layaknya logam mulia batangan.


Apakah Emas 18kgp Bisa dijual di Toko Emas?

Melalui pembahasan di atas, sudah bisa didapatkan pengertian bahwa 18kgp adalah perhiasan yang memanfaatkan logam mulia hanya sebagai pelapis. Meskipun begitu, tampilannya tetap cantik dan mewah.

Lantas, apakah emas 18kgp bisa dijual di toko emas? Sebenarnya karena logam mulia hanya digunakan pada bagian lapisan perhiasannya, terbilang sulit jika ingin menjualnya kembali.

Jadi, 18kgp memang dibuat untuk perhiasan saja, bukan sebagai instrumen investasi. Oleh sebab itu, lebih baik untuk membelinya sebagai penunjang penampilan saja.

Apabila masih penasaran, tidak salahnya mempertanyakan langsung apakah emas 18kgp bisa dijual di toko emas. Silahkan tanyakan saja pada toko yang menjualnya ketika Anda membeli perhiasan tersebut.

Biasanya pihak toko akan memberikan penjelasan terkait boleh atau tidaknya perhiasan dijual kembali. Jadi, silahkan tanyakan dengan detail terkait hal tersebut. Jika memang tidak boleh, tentu jangan memaksa pihak toko.

Karena memang pada umumnya perhiasan 18kgp tidak bisa dijual lagi. Jadi, silahkan pertimbangkan baik-baik sebelum memutuskan untuk membeli perhiasan. Apakah ingin membeli hanya untuk menunjang penampilan atau sebagai instrumen investasi.

Selain itu, kenali juga kode emas asli sebelum membeli perhiasan. Lantas, apa saja kode emas asli? Silahkan menemukan berbagai kodenya melalui internet sehingga bisa memperoleh produk terbaik. Sebab, setiap kode mempunyai kandungan kemurnian logam mulia berbeda.


Tips Merawat Perhiasan Agar Tidak Lekas Pudar

Karena perhiasan 18kgp hanya menggunakan logam mulia sebagai lapisan, tentu ada kemungkinan warna perhiasannya memudar dan tampak kusam. Sehingga kelihatan kurang berkilau.

Oleh sebab itu, Anda perlu rajin merawatnya secara rutin di rumah. Hanya karena harganya murah, jangan enggan untuk merawatnya. Karena, jika dirawat dengan baik seperti cara di bawah ini, tampilannya akan senantiasa berkilau.

1. Tidak Terpapar Bahan Kimiawi Terlalu Sering 

Memang, perhiasan kerap digunakan dalam aktivitas sehari-hari. Namun, akan lebih baik jika berusaha menghindarkannya dari bahan kimia. Misalnya saja parfum, make up, sabun mandi dan lain sebagainya. 

Ketika logam mulia terpapar bahan kimiawi seperti sampo, sabun mandi bahkan keringat, akan ada risiko warnanya memudar. Jadi, usahakan untuk menghindarkan perhiasan dari bahan kimiawi.

2. Merendam dalam Air Hangat 

Ketika membahas pertanyaan apakah emas 18kgp bisa dijual di toko emas, jawabannya adalah sulit. Jadi, supaya tidak merasa rugi saat membelinya tentu perlu merawatnya agar bisa dipakai dalam waktu lama. 

Cara lain dalam merawat ialah dengan merendamnya dalam air hangat. Namun, jangan terlalu lama ketika merendamnya. Cukup rendam dan gosok perlahan ketika ingin menghilangkan kotoran yang menempel pada perhiasannya.

3. Tidak Menumpuk Perhiasan 

Begitu selesai memakai perhiasan, segera kembalikan pada kotak penyimpanan. Namun, jangan menyimpannya dengan menumpuk bersama perhiasan lainnya. Karena, akan rentan bergesekan sehingga justru memunculkan bekas goresan.

Salah satu jenis perhiasan yang cukup populer di pasaran ialah perhiasan 18kgp. Karena harganya murah, banyak orang yang bertanya apakah emas 18kgp bisa dijual di toko emas. 



Posting Komentar

© Kompasar. All rights reserved. Developed by Jago Desain