Kode Emas Ada Berapa? Ini Dia Jawabannya

Jelajahi beragam kode rahasia emas dan temukan yang terbaik untukmu. Pelajari berapa banyak jenis kode emas yang tersedia dalam panduan kami.
Kode Emas Ada Berapa? Ini Dia Jawabannya

Perhiasan dari bahan emas umumnya punya kode yang menjadi penanda kadar emas dan golongannya. Jika ingin menemukan emas yang paling tepat secara kualitas dan harga, Anda harus paham mengenai kode-kode tersebut. Kode emas ada berapa? Dan apa arti tiap kode emas yang tertera? Jawabannya bisa Anda simak di ulasan berikut. 

Kode emas bisa berupa kombinasi angka dan huruf dan biasanya tertera pada bagian dalam dari perhiasan emas.


Kode Emas Ada Berapa?

Secara umum jumlah kode emas yang biasa disematkan pada perhiasan emas untuk menandakan kadar kemurnian emasnya yaitu ada 14 macam kode. Kesemuanya umum dijumpai dengan tiga digit angka. 

Tapi, jangan heran jika saat Anda ingin membeli perhiasan emas yang muncul merupakan kombinasi angka dan huruf. Jangan langsung mengira perhiasan tersebut palsu.

Kode emas juga ada yang menggunakan huruf dan angka yang memiliki arti yang sama dengan kode emas berupa angka. Untuk lebih jelasnya berikut arti tiap kode pada perhiasan emas.


Arti Kode Emas Pada Perhiasan

Kode emas kuning yang tertera pada salah satu bagian dari perhiasan akan memberi tahu Anda mengenai persentase kemurnian kadar emas yang terkandung dalam suatu perhiasan yang terbuat dari emas. Berikut daftar kodenya.

  1. Kode 150 menandakan kadar emasnya sebanyak 15%. Kode lain yang berarti sama dengan kode ini yaitu kode GB150.
  2. Kode 300 menandakan kadar emasnya sebanyak 30%. Dan juga umum tampila dengan tambahan kode penerbit emas. Seperti A3, LGT, RS, MG, dan lainnya.
  3. Kode 333 menandakan kadar emasnya sebanyak 33,3%.
  4. Kode 375 menandakan kadar emasnya sebanyak 37,5%.
  5. Kode 400 menandakan kadar emasnya sebanyak 40%. Emas dengan kode ini sudah jarang ditemui, lebih banyak yang kode 375.
  6. Kode 420 menandakan kadar emasnya sebanyak 42%.
  7. Kode 585 menandakan kadar emasnya sebanyak 58,5%. Jika perhiasan merupakan barang impor dari luar negeri, Anda akan menemukan kode 14K585 yang artinya sama dengan kode 585.
  8. Kode 700 menandakan kadar emasnya sebanyak 70%. Emas dengan kode ini paling banyak dijual, dan pada banyak perhiasan Anda bisa saja menemukan kombinasi huruf dan angka. Huruf yang muncul umumnya menandai perusahaan yang memproduksi emas tersebut. Huruf yang dimaksud diantaranya, KH, MT, SG, JR, UBS, S22, HWT, Lotus, atau kode Hati, dan lainnya.
  9. Kode 750 menandakan kadar emasnya sebanyak 75%. Biasanya juga akan disertai dengan kode huruf penerbit emas.
  10. Kode 833 menandakan kadar emasnya sebanyak 83,3%. Untuk emas dengan kode ini sangat jarang dijumpai di pasaran.
  11. Kode 850 menandakan kadar emasnya sebanyak 85%. Tentunya harganya akan lebih tinggi dibanding emas dengan kode 833.
  12. Kode 875 menandakan kadar emasnya sebanyak 87,5%. Kode ini juga bisa dijumpai dengan 21K875. Jika demikian kadar emasnya sama saja.
  13. Kode 916 menandakan kadar emasnya sebanyak 91,6%. Emas dengan kode 22K juga berarti sama dengan kode 916.
  14. Kode 958 menandakan kadar emasnya sebanyak 95,8%. Ini menjadi kadar emas tertinggi yang ada pada suatu perhiasan berbahan emas.


Untuk kode emas nomor 1 hingga nomor 6 umumnya dikategorikan sebagai emas muda. Sedangkan nomor 7 - 14 tergolong emas tua.

Sekarang Anda sudah tahu kode emas ada berapa? dan apa saja arti dibalik kode-kode tersebut. Tambahan wawasan ini akan membantu Anda menemukan pilihan yang tepat saat belanja perhiasan yang berbahan emas. 




Posting Komentar

© Kompasar. All rights reserved. Developed by Jago Desain