7 Tips Bagaimana Cara Membedakan Emas Asli dan Palsu

Membedakan emas asli dan palsu mungkin terdengar sulit, tapi dengan panduan lengkap ini, kamu bisa melakukannya dengan mudah!
Cara Membedakan Emas Asli dan Palsu

Dalam memilih emas, anda harus cermat karena banyak sekali oknum ‘bodong’ yang menjual emas palsu. Emas sendiri menjadi pilihan banyak orang untuk menyimpan nilai uang karena tahan akan inflasi. Jadi bagaimana cara membedakan emas asli dan palsu? 

Tips Membedakan Emas Asli dan Palsu

Emas menjadi salah satu nilai kekayaan yang banyak digunakan orang-orang. Sama halnya seperti uang yang bisa dipalsukan, emas juga banyak bermunculan tiruannya. 

Emas palsu memang bisa menjadi solusi melihat kondisi ekonomi masyarakat yang tidak semuanya mampu untuk memiliki emas asli. Maka dibuatlah emas palsu yang mirip dengan warna hingga bobot yang sama agar menyerupai emas sungguhan. 

Namun hal ini juga banyak disalah gunakan orang-orang jahil dan tidak bertanggung jawab, yang menipu orang-orang dengan pengetahuan mengenai emas yang kurang. Hal ini tentu saja sangat merugikan, bukan? Jadi, bagaimana cara membedakan emas asli dan palsu agar tidak tertipu? 


1. Emas Asli dan Palsu Memiliki Suara yang Berbeda

Cara pertama untuk membedakannya adalah dengan suara. Suara emas asli lebih rendah jika diketukkan ke lantai atau koin. Sedangkan emas imitasi atau tiruan akan memiliki suara dentingan yang lebih keras. 

2. Emas Asli Memiliki Ciri Fisik Khusus

Kedua, bagaimana cara membedakan emas asli dan palsu adalah dengan melihat fisiknya. Emas asli yang berbentuk fisik, baik berupa perhiasan atau batangan biasanya akan ada cap khusus sebagai kode emas

Biasanya cap khusus ini menandakan kadar emas dan juga identitas produksi suatu perusahaan. Contohnya cap khusus kadar emas adalah 10K, 8K, 18K, 22K, 24K. Dan untuk cap identitas produksi perusahaan seperti LGT30, AR30 dan lain sebagainya. 

3. Perhatikan dari Warnanya

Selanjutnya, anda bisa memperhatikan keaslian emas dengan melalui warnanya. Meski emas tiruan dibuat semirip mungkin warnanya seperti emas asli, namun biasanya warna emas asli tidak semencolok emas tiruan. 

Anda juga bisa menggosok-gosok permukaannya dengan telapak tangan. Jika warnanya berubah atau memudar, berarti bisa dipastikan itu adalah emas palsu. 


4. Cek dengan Gigit Emas

Cara berikutnya adalah dengan menggigit emas. Fisik emas cenderung lunak dan mudah dibentuk, apalagi jika kadar kemurniannya semakin tinggi. 

Anda bisa mencoba menggigit emas yang anda miliki, jika bekas gigitan tertinggal berarti emas anda asli. 

5. Uji Emas dengan Menggunakan Magnet

Cara mengetahui perbedaan emas asli dan palsu selanjutnya, bisa dengan menggunakan magnet. Dekatkan emas ke magnet, emas yang asli tidak akan menempel dengan magnet. Jika perhiasan anda menempel ke magnet, sangat bisa dipastikan itu adalah emas palsu. 

6. Goreskan ke Lantai

Berikutnya dengan cara menggoreskan emas ke lantai. Emas asli tidak akan meninggalkan bekas goresan karena permukaannya tidak akan terkikis. Beda halnya dengan emas tiruan, yang pasti akan mudah meninggalkan bekas goresan karena dilapisi oleh cat warna. 


7. Cek dengan CertiEye

Terakhir ada cara yang paling ampuh, yakni adalah saat anda membeli emas Antam atau emas batangan, anda akan mendapatkan barcode yang berisi bukti keaslian emas. 

Anda bisa cek secara langsung barcode tersebut dengan aplikasi CertiEye yang tersedia di PlayStore atau AppStore. Emas antam asli pasti sudah didaftarkan langsung oleh pihak perusahaan dengan barcode tersebut. 

Nah itu dia bagaimana cara membedakan emas asli dan palsu. Jadi, yuk lebih cerdas dan teliti dalam memilih emas agar tidak rugi. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Posting Komentar

© Kompasar. All rights reserved. Developed by Jago Desain