Kenali Ciri-ciri Emas Apa Bukan: Cara Mudah Membedakan Emas Asli dan Palsu

Pelajari ciri-ciri emas asli dan palsu agar terhindar dari penipuan. Membedakan emas asli dengan mudah dan akurat.
Kenali Ciri-ciri Emas Apa Bukan

Secara ekonomi, harga emas relatif tinggi dan stabil. Hal ini tidak jarang membuat beberapa oknum yang tidak bertanggung jawab memalsukannya. Bahkan bentuk dan rupa emas palsu sangat mirip dengan emas asli. Apa saja ciri-ciri emas apa bukan?

Ciri-ciri Emas Palsu

Berikut cara mengetahui ciri-ciri emas apa bukan yang bisa Anda lakukan:

1. Bersifat Magnetis

Salah satu cara termudah untuk membedakan emas asli atau bukan adalah dengan mendekatkannya pada magnet. Jika benda tersebut tertarik magnet, maka bisa dipastikan barang tersebut bukanlah emas murni. Hal ini dikarenakan emas bersifat non magnetis. 

2. Bersifat Korosif

Faktor yang membuat emas asli dapat berubah bentuk adalah karena adanya campuran logam lain di dalamnya. Emas dengan kandungan 24 karat memiliki warna orange kekuningan. Semakin banyak campurannya maka warnanya akan semakin gelap. 

Emas yang tidak asli bersifat korosif atau bisa dilihat dengan adanya tanda-tanda karat.

3. Tidak Padat

Anda bisa cek keaslian emas dengan menjatuhkannya ke wadah berisi air. Jika benda tersebut mengapung atau tidak tenggelam maka benda tersebut bukanlah emas asli. 


4. Tidak Menghantarkan Panas dan Listrik

Emas bersifat konduktor untuk waktu yang relatif lama. 

5. Tidak Meninggalkan Bekas Gigitan

Anda pasti pernah melihat selebrasi para atlet yang menggigit medali emasnya. Hal tersebut sebenarnya bisa menjadi inspirasi untuk mengetahui keaslian emas. Emas dengan kadar karat yang semakin tinggi akan memiliki permukaan yang lebih lunak. 

Jika logam yang Anda gigit tidak meninggalkan bekas gigitan, maka bisa disimpulkan bahwa logam tersebut bukanlah emas murni. Akan tetapi,cara ini hanya berlaku untuk emas batangan saja, buka perhiasan. 

Pada umumnya emas telah memiliki kandungan logam tambahan. Oleh karena itu, permukaan perhiasan cenderung lebih keras dan tidak meninggalkan bekas gigitan. Cara efektif untuk mengetahui perhiasan emas atau bukan adalah dengan tes magnet. 

Saat membeli perhiasan Anda tentu pernah mendengar istilah emas muda dan emas tua. Apa perbedaan keduanya?

Perbedaan Emas Muda dan Emas Tua

Perhiasan emas umumnya tidak murni karena telah dicampur dengan logam lain sehingga benda tersebut lebih kuat. Emas muda dan emas tua merupakan istilah yang biasa dipakai untuk menyebutkan kadar emas pada suatu perhiasan.

Emas muda merupakan perhiasan dengan kadar emas di abawah 42%. Berdasarkan keterangan lain, emas muda memiliki kadar emas di bawah 70%. Sedangkan emas tua memiliki kadar emas di atas70%.

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa campuran logam lain pada emas muda lebih banyak dari pada kadar emas. sedangkan emas tua memiliki kandungan logam lebih sedikit daripada campuran emas. Perbedaan kadar emas ini berpengaruh terhadap harga jual perhiasan tersebut.


Cara mengetahui emas muda atau emas tua adalah dengan melihat kode yang ada pada perhiasan tersebut. Pada bagian dalam perhiasan, Anda bisa menemukan angka kecil yang terukir. Angka tersebut menunjukkan kadar emas pada perhiasan.

Angka 759 atau 700 pada suatu perhiasan menunjukkan kadar emas yang terkandung di dalamnya ialah 75% dan 70%. Begitu pula pada emas muda, angka 150 atau 300 menunjukkan kadar emas pada perhiasan tersebut adalah 15% dan 30%.

Besarnya karat pada suatu perhiasan mengindikasikan seberapa besar kandungan emas murni pada perhiasan tersebut. Misalnya saja, emas yang memiliki 24 karat, maka artinya kandungan emas murni yang ada pada perhiasan tersebut sekitar 99,00%-99,99%. 


Dengan mengetahui ciri-ciri emas apa bukan dapat meminimalisir Anda tertipu saat membeli perhiasan. Perhatikan kadar kemurniannya, jangan mudah terbujuk dengan harga emas murni yang jauh di bawah pasaran.

Posting Komentar

© Kompasar. All rights reserved. Developed by Jago Desain