Memahami Arti Kode Emas 18kgp Plus Ciri-cirinya

Apakah benar jika kode emas 18kgp adalah pertanda jika ini adalah perhiasan palsu? Jangan bingung, Yuk cek kejelasannya pada uraian berikut ini!
Memahami Arti Kode Emas 18kgp Plus Ciri-cirinya

KOMPASAR.COM
- Bagi sebagian kalangan menyimpan emas adalah salah satu cara dalam mengelola terjadinya risiko keuangan. Namun tahukah Anda jika tak semua emas dapat menjadi alat untuk investasi yang handal, salah satunya yang memiliki kode emas 18kgp.

Emas terbagi ke dalam dua golongan besar, yaitu emas muda dan emas tua. Yang mana pada setiap golongan tersebut masing-masing memiliki kode uniknya tersendiri. Kode unik ini menjadi tanda akan kualitas emas tersebut berdasarkan besaran karatnya.

Namun jika Anda cermati secara teliti, dari semua golongan tersebut kode emas 18kgp tidak ada di dalamnya. Lantas apakah emas yang berkode 18kgp itu? Apakah itu adalah jenis emas baru atau justru merupakan emas palsu? Yuk ikuti uraiannya secara rinci di bawah ini.

Apakah Kode Emas Itu?

Memahami Arti Kode Emas 18kgp Plus Ciri-cirinya

Melakukan investasi emas adalah hal bagus sebagai cara pencegahan kerugian finansial yang besar, namun hal tersebut tak bisa dilakukan sembarangan. Setidaknya Anda harus paham kode emas yang ada sehingga mampu mengetahui perbedaan antara emas asli dengan emas palsu.

Sebagai salah satu sarana investasi menguntungkan jangka panjang, emas telah menjadi andalan kalangan investor aset. Yaitu sebagai instrumen penjamin keuangan. Biasanya emas yang menjadi alat investasi akan berbentuk batangan, koin atau perhiasan.

Emas-emas yang beredar di pasaran ini akan memiliki semacam kode yang berbentuk cap yang tertera pada fisik emas. Kode berbentuk cap ini akan berisi informasi mengenai kemurnian atas kandungan logam mulia tersebut.

Biasanya produsen logam mulia akan mencantumkannya berupa kadar karatnya. Yaitu suatu ukuran sebagai patokan mengetahui level kemurnian logam emas. 

Setiap level kadar karat merupakan 1/24 dari nilai 24 karat sebagai nilai keseluruhan tingkat kemurnian sarana investasi ini. Hanya saja nantinya tingkat kemurniannya pada setiap jenis produk emas akan berbeda satu dengan lainnya.


Kode Emas yang Berlaku

Agar tak salah dalam memilih, maka berikut daftar kode emas yang berlaku berikut penjelasannya.

a. Kode Emas Muda

Emas muda adalah istilah yang mengacu pada salah satu jenis logam mulia dengan kadar kemurnian yang ada di bawah 50%. Jenis emas ini terbagi menjadi beberapa golongan berdasarkan level kemurniannya. Berikut daftar kode emas muda yang berlaku:

1. Kode Cap Emas 150 

Kode ini menginformasikan jika logam mulia golongan ini memiliki kadar kemurnian emas sebesar 15%. 

2. Kode Cap Emas 300 

Kode ini merupakan keterangan yang berarti logam mulia tersebut berkadar kemurnian emas sebesar 30%.
 

3. Kode Cap Emas 333 

Kode cap ini artinya logam mulia tersebut memiliki kadar kemurnian emas sebesar 33,33%.

4. Kode Cap Emas 375 

Kode cap 375 untuk emas artinya logam mulia tersebut memiliki kadar kemurnian 37,5%.

5. Kode Cap Emas 400 

Kode cap ini menjelaskan jika logam mulia memiliki kadar karat emas sebesar 40%. Hanya saja jenis emas golongan ini sangat jarang sebab produsen emas cenderung banyak memproduksi perhiasan emas yang berkadar 37,5%.

6. Kode Cap Emas 420 

Kode cap paling akhir adalah kode emas 420 yang berarti logam mulia tersebut berkadar emas sebesar 42%. Jika Anda membeli jenis perhiasan golongan ini di luar negeri, maka label produk ini adalah 10K.


b. Kode Emas Tua

Selain emas muda, terdapat juga jenis logam mulia yang masuk ke golongan emas tua. Yaitu golongan logam mulia yang memiliki karat dengan kadar di atas 50%. Untuk jenis logam mulia yang satu ini karena tingginya kadar kemuliaan yang dimiliki maka berharga jauh lebih mahal.

1. Kode Emas 585 atau 14K585 

Kode emas tua yang pertama adalah kode cap 585 atau ada juga yang ber-cap 14K585. Kode cap emas ini artinya logam mulia tersebut memiliki kadar emas hingga sebesar 58%. Jenis emas yang satu ini banyak terdapat pada perhiasan emas hasil produksi dari luar negeri. 

2. Kode Emas 700 

Selanjutnya ada kode emas 700 yang berarti logam mulia ini memiliki kadar kemurnian emas sebesar 70%. 

3. Kode Emas 750 

Kode emas ini artinya kadar  kemurnian (karat) adalah sebesar 75%.

4. Kode Emas 833 

Logam mulia dengan kode cap emas 833 ini sangat jarang  untuk muncul di pasaran. Kode cap ini berarti emas tersebut berkadar 83,3%. 

5. Kode Emas 850 

Untuk jenis logam mulia dengan tingkat kadar kemurnian 85% akan memiliki kode cap emas 850.

6. Kode Emas 875 atau 21K875 

Kode emas yang satu ini akan banyak Anda temukan pada berbagai perhiasan logam mulia di wilayah Arab. Kode emas 875 atau 21K875 ini artinya logam mulia tersebut memiliki kadar kemurnian emas sebesar 87,5%. 

7. Kode Emas 916 atau 22K916 

Kode emas ber-cap 916 atau 22K875 artinya tingkat kemurnian seesaw emasnya adalah sebesar 91,6%. Golongan emas ini akan banyak Anda temui di berbagai toko perhiasan di negara Dubai, Bangkok serta tanah air.

8. Emas 958 atau 23K95 

Kode cap ini berarti emas tersebut memiliki kadar emas sebesar 95.8%. Di tanah air jenis emas ini akan dapat dengan mudah Anda temukan di Jambi, Padang, Bengkulu serta Kalimantan. Di daerah tersebut ada banyak produsen perhiasan yang menggunakan golongan emas ini.


Lantas Apa itu Emas Berkode 18kgp?

Memahami Arti Kode Emas 18kgp Plus Ciri-cirinya

Berikut beberapa hal yang wajib Anda pahami tentang kode emas 18kgp, yaitu:

1. Merupakan Emas Pelapis

Emas dengan kode emas 18kgp adalah sebuah jenis emas murni yang peruntukannya adalah sebagai pelapis perhiasan. Mulai dari perhiasan kalung, anting, cincin, gelang hingga jam tangan dapat menggunakan jenis pelapis yang satu ini.

2. Kgp Merupakan Label Pembeda

Istilah Kgp yang terdapat pada kode emas 18kgp mengacu pada singkatan atas istilah dalam Bahasa Inggris yaitu Karat Gold Plated. Artinya emas yang terdapat pada berbagai perhiasan dengan kode cap ini memiliki lapisan logam mulia.

Dengan demikian kode emas 18kgp adalah sebuah label pembeda. Yaitu label pembeda antara perhiasan yang bahan utamanya terbuat dari emas murni dengan perhiasan yang menggunakan emas sebagai pelapisnya saja.

Biasanya pada toko perhiasan, pemilik toko akan memajang jenis perhiasan berlapis emas ini di bagian tersendiri. Hal ini untuk memudahkan konsumen atau pelanggannya agar dapat membedakan dengan jenis yang 100% terbuat dari emas murni.

3. 18 Karat adalah Ukuran Emas Pelapisnya

Untuk angka 18 yang terdapat pada kode emas 18kgp, menunjukkan arti jika emas untuk lapisan yang digunakan adalah emas 18 karat. 

Sekedar tambahan informasi proses pelapisan perhiasan dengan emas 18kgp ini sangat sederhana sekali. Yaitu produsen akan memasukkan perhiasan yang akan dilapisi ke dalam larutan emas ion positif.

Selanjutnya perhiasan tersebut akan dialiri dengan listrik yang merupakan ion negatif. Dengan begitu larutan emas akan tertarik arus listrik lalu melapisi seluruh permukaan dari perhiasan tersebut.

4. Proses Pelapisan Tergantung Karat yang Diinginkan

Untuk proses pelapisan pada berbagai perhiasan yang memiliki kode emas 18kgp biasanya akan dilakukan oleh produsen sebanyak 3 kali. Namun semua itu tergantung juga pada kadar karat yang dibutuhkan.

Intinya, perhiasan emas dengan cap 18kgp adalah jenis perhiasan yang memiliki sedikit sekali kadar emas. Umumnya jenis perhiasan ini memiliki kadar emas kurang lebih 0.05% dari kadar emas murni.

5. Alasan Berharga Murah

Perhiasan dengan kode emas 18kgp akan memiliki banderol harga yang sangat murah di pasaran. Anda tak perlu heran karena memang kandungan emas yang ada pada perhiasan tersebut sangatlah sedikit sekali.

Namun meski begitu perhiasan dengan emas yang berkode 18KGP juga tak tepat jika dikatakan merupakan perhiasan emas palsu. Karena pada kenyataannya lapisan emas yang menjadi bahan pelapisnya terbuat dari emas murni.

Hanya saja bahan utama (badannya) bukanlah emas murni. Itulah mengapa banderol harga perhiasan emas ini sangat murah. Sehingga ada sebagian kalangan masyarakat menyebutnya dengan sebutan perhiasan emas palsu, meski istilah tersebut tak terlalu tepat.

Sebagian kalangan masyarakat yang banyak memakai jenis perhiasan ini biasanya menggunakannya untuk acara pesta tertentu. Karena merupakan aksesoris pelengkap fashion, maka pemakainya tak perlu khawatir jika terjadi tindak kriminalitas karena harganya murah.


Ciri-ciri Emas Berkode 18KGP

Ciri-ciri Emas Berkode 18KGP

Agar Anda dapat dengan mudah membedakan perhiasan emas berkode 18kgp di pasaran dengan perhiasan emas murni, berikut ciri-ciri pembedanya, yaitu:

1. Banderol Harga Murah

Ciri utama dari perhiasan yang memiliki kode emas 18kgp adalah memiliki banderol harga yang sangat murah. Hal ini terutama jika Anda melakukan perbandingannya dengan perhiasan yang terbuat dari emas murni.

Jadi sebenarnya untuk mengetahui suatu perhiasan ternyata hanya emas 18kgp itu sangat mudah sekali, karena akan terlihat jelas pada harganya.

2. Warnanya Tidak Mudah Pudar

Ciri berikutnya, perhiasan dengan kode emas 18kgp akan memiliki warna yang sama dengan perhiasan emas murni. Pasalnya emas yang terpakai sebagai bahan pelapis pada perhiasan tersebut memang emas murni berkadar 18 karat.

Dengan demikian warnanya tak akan mudah pudar jika Anda gosok sebagaimana pada perhiasan emas palsu. Sebab perhiasan ini menggunakan emas murni pada lapisan permukaannya.

3. Tidak Gampang Tergores

Perhiasan yang memiliki cap kode emas 18kgp tidak akan mudah tergores. Mengapa bisa begitu? Karena pada kenyataannya perhiasan ini memang menggunakan bahan emas murni 18 karat. Hanya saja emas 18 karat tersebut hanya digunakan sebagai lapisan permukaannya saja.

4. Berbekas ketika Digigit

Ciri berikutnya pada perhiasan emas dengan kode emas 18kgp adalah saat Anda mencoba menggigitnya maka akan timbul bekas yang jelas. 

Namun perlu Anda pahami mungkin saja tak semua penjual mau Anda melakukan tes tersebut karena akan menimbulkan bekas pada produknya. Untuk itu sebelum melakukannya, buatlah komunikasi yang jelas dengan pihak penjual atau produsennya.

5. Memiliki Sertifikat

Penjual atau produsen dari perhiasan yang memiliki kode emas 18kgp biasanya juga akan melengkapi produk perhiasannya dengan sertifikat khusus. Nantinya di dalam sertifikat tersebut akan terdapat informasi jelas mengenai kandungan kadar emas yang ada di dalamnya. 

Jadi nantinya bukan hanya perhiasan emas asli saja yang akan memiliki sertifikat, namun memiliki perhiasan berkode 18kgp juga memilikinya.

Dengan begitu, melihat rujukan sebuah sertifikat perhiasan emas juga dapat menjadi cara membedakan apakah emas murni atau hanya lapisan saja.

6. Terdapat Cap Khusus

Ciri terakhir dari perhiasan dengan kode emas 18kgp adalah cap yang pasti akan tertempel pada badan perhiasan ini. Cap khusus yang sengaja produsen perhiasan tempelkan tersebut terukir dengan tanda 18Kgp.

Nah tanda ini merupakan label penanda bagi perhiasan tersebut jika merupakan perhiasan yang dilapisi dengan emas 18 karat.


Cara Merawat Perhiasan Emas Berkode 18kgp

Cara Merawat Perhiasan Emas Berkode 18kgp

Sebagian kalangan Wanita ada yang memiliki preferensi untuk menggunakan perhiasan berkode 18kgp. Tentu masing-masing memiliki alasan pribadinya. Nah bagi para pengguna jenis perhiasan emas ini seringkali timbul pertanyaan mengenai bagaimana cara perawatannya.

Ya tak sama dengan perhiasan yang menggunakan bahan emas murni berkonsistensi tinggi, jenis perhiasan ini memang butuh perawatan khusus. Hal itu agar perhiasan tetap terlihat memiliki pancaran tanpa ada perubahan warna.

1. Gunakan Kain Lembut untuk Membersihkannya

Langkah perawatan pada perhiasan yang menggunakan kode emas 18kgp adalah pastikan untuk selalu menggunakan kain yang berserat dan bertekstur lembut. Kain yang bertekstur dan berserat lembut tidak akan bersifat abrasive sehingga tak akan menghilangkan kilaunya.

Ya sebagai salah satu jenis aksesoris Wanita, perhiasan dengan emas 18kgp memang memerlukan perawatan yang berbeda. Hal tersebut terutama karena bahan dasar pembuatannya dari jenis logam lain.

Sehingga jika Anda membersihkannya dengan jenis kain yang abrasive maka akan menghilangkan kilaunya bahkan membuatnya berubah warna. Untuk itu selain pastikan menggunakan kain yang lembut juga selalu gosok permukaan perhiasannya dengan perlahan.

2. Hindari Kegiatan yang Terekspos Cuaca Langsung

Cara perawatan pada jenis perhiasan yang berlapis emas 18kgp adalah menjaga perhiasan tersebut untuk tak terekspos cuaca secara langsung. Langkah-langkah untuk melakukannya adalah sebagai berikut:

  • Selalu lepas perhiasan berlapis emas milik Anda saat akan mandi. Mengapa? Karena paparan dari air tawar akan meninggalkan lapisan tips semacam kerak berwarna putih yang akan mampu memudarkan cahayanya.
  • Selalu lepas juga perhiasan berlapis emas milik Anda saat akan berenang, entah di kolam air tawar ataupun di laut. Alasannya air asin maupun air tawar di kolam renang (yang mengandung klorin) akan mampu mengumpulkan lapisan emasnya. Akibatnya lapisan emas di permukaan perhiasan akan terkikis sehingga kilau warna nya tak lagi menjadi indah serta tampak kusam.

3. Jauhkan dari Paparan Bahan Kimia

Cara perawatan perhiasan berkode 18kgp yang ketiga adalah hindarkan perhiasan milik Anda tersebut dari paparan beragam bahan kimia. Bahan kimia yang termasuk di dalamnya antara lain adalah pelembab, hairspray dan parfum.

Alasan utamanya berbagai bahan kimia tersebut akan mencemari lapisan emas pada permukaan perhiasan. Yang mana hal tersebut akan menimbulkan proses oksidasi sehingga akan terjadi perubahan warna pada material pelapis perhiasan.

Cara paling aman yang harus Anda lakukan saat akan menggunakan berbagai bahan kimia tersebut adalah melepas semua perhiasan berlapis emas tersebut terlebih dahulu. 

Nah nanti setelah Anda selesai menggunakan berbagai bahan tersebut baru gunakan kembali perhiasan berlapis emas tersebut.

4. Simpan dengan Baik

Langkah terakhir untuk merawat perhiasan berlapis emas agar memiliki kilau yang awet adalah melakukan penyimpanan dengan tepat. Dari banyak sumber, para ahli perhiasan sepakat merekomendasikan cara penyimpanan yang tepat adalah menggunakan kotak atau kantong.

Pastikan jika kotak atau kantong ini bersifat khusus sehingga tak bercampur dengan berbagai jenis perhiasan lainnya. Pastikan juga agar wadah yang Anda gunakan kering serta tak tembus cahaya agar tak menimbulkan kelembaban serta noda.
Semoga uraian tentang kode emas 18kgp ini bermanfaat ya.



Posting Komentar

© Kompasar. All rights reserved. Developed by Jago Desain