Mau Investasi Emas? Ketahui Dulu Apa Kode Emas Muda dan Tua?

Apakah Anda bingung tentang perbedaan antara kode emas muda dan tua? Temukan penjelasan lengkap tentang apa itu kode emas muda dan emas tua berikut!
Mau Investasi Emas? Ketahui Dulu Apa Kode Emas Muda dan Tua?

KOMPASAR.COM - Banyak masyarakat memilih emas sebagai investasi jangka panjang sekaligus menyimpan uang untuk masa depan. Emas sendiri terdiri dari emas muda dan tua, masing-masing punya kodenya sendiri. Lalu apa kode emas muda? Begitu sebaliknya, apa kode emas tua?

Emas muda dan emas tua memiliki perbedaan kadar kemurniannya. Emas muda memiliki kadar di bawah 50%, sedangkan emas tua memiliki kadar kemurnian di atas 50%, dengan kode mulai dari 500 ke atas.


Kode Emas Muda

Untuk anda yang berencana menginvestasikan uang anda dalam bentuk emas, dan mempelajari mengenai kadar emas, pasti juga bertanya-tanya kode emas asli apa aja? Lalu apa kode emas palsu? 

Karena ditujukan sebagai alat investasi, anda harus memperhatikan kadar emas saat akan membelinya. Biasanya dalam emas yang diproduksi, terdapat kode untuk menandakan kadar dalam emas tersebut. Semakin tinggi kadar emas, harganya pun akan semakin mahal.

Jadi, apakah emas muda ada kodenya? Dan berapa kode emas muda? Berikut pembahasan mengenai kode emas muda.

1. Kode Emas 150

Pertanyaan yang banyak dipertanyakan pertama adalah apa kode emas muda? Emas muda memiliki lebih dari satu kode yang menunjukkan kadar kemurniannya.

Kode pertama dalam emas muda adalah kode 150, yang artinya bahwa emas kode ini memiliki kadar kemurnian sebesar 15%. Biasanya kode emas 150 ini digunakan pada emas perhiasan berupa kalung. 

2. Kode Emas 300

Berikutnya, ada kode 300 yang artinya emas perhiasan atau batangan tersebut diproduksi dengan kadar kemurnian emas 30%. Untuk setiap perusahaan yang memproduksi biasanya akan menambahkan kode huruf seperti AR30, LGT30, RS30 dan lain sebagainya.


3. Kode Emas 333

Mungkin anda pernah melihat emas dengan kode emas 8K. Emas kode tersebut sama dengan emas kode 333, yang memiliki kadar kemurnian emas sebesar 33,33%. Kadar emas 8K ini adalah kadar terendah.

4. Kode Emas 375

Next ada kode emas muda 375 yang sama halnya dengan kode 9K. Kode ini memiliki arti emas tersebut diproduksi dengan kadar kemurnian emas 37,5%.

5. Kode Emas 400

Tidak jauh berbeda dengan kode 375, kode emas 400 ini memiliki kadar kemurnian sedikit lebih besar yakni 40%. Namun emas dengan kode 400 ini sudah semakin jarang diproduksi dan menjadi emas langka.

6. Kode Emas 420

Pertanyaan apa kode emas muda? ditutup dengan kode emas 420. Kode ini biasanya sama dengan label 10K. Biasanya emas dengan kode ini juga banyak dijumpai pada perhiasan berupa kalung.


Kode Emas Tua

Setelah menjawab pertanyaan apa kode emas muda? Kini saatnya menjawab pertanyaan mengenai kode-kode pada emas tua. Seperti yang sudah tertulis di atas, kadar emas tua adalah di atas 50% dengan kode di atas 500. 

1. Kode Emas 585

Pertama, ada kode emas tua terendah dengan kode emas 585, yang artinya memiliki kadar 58%. Penggunaan kode ini ada di Indonesia, sedangkan di luar negeri biasanya menggunakan kode 14K585.

2. Kode Emas 700

Selanjutnya ada kode emas 700. Emas kode 700 emas apa? emas ini sama artinya bahwa emas tersebut memiliki kandungan kemurnian sebesar 70%. Biasanya emas dengan kode ini banyak dijumpai di pasaran.


3. Kode Emas 750

Selanjutnya, anda pasti sering menjumpai kode emas 18 karat. Emas ini sama artinya dengan kode emas 750, yang memiliki kadar kemurnian emas sebesar 75%.

4. Kode Emas 833

Kode emas 833 adalah kode emas yang sudah cukup langka dan susah dijumpai di pasaran. Kode emas ini memiliki kadar kemurnian 83,3%. 

5. Kode Emas 850

Lalu ada kode emas 850, yang setara dengan kadar 20,4K. Namun kode ini juga sama seperti kode 833, yang sudah jarang dijumpai di pasaran. Kode emas ini memiliki kadar kemurnian sebesar 85%.

6. Kode Emas 875

Selanjutnya ada emas yang banyak digemari oleh jemaah haji di Arab, rata-rata emas di Arab biasa menggunakan kadar kemurnian 87,5% atau dengan kode 21K875. Di Indonesia sendiri, biasanya menggunakan kode 875.

7. Kode Emas 916

Kode emas 916 sama halnya dengan emas 22K. Biasanya memiliki kode 22K916 di luar negeri, dengan kadar kemurnian emas 91,6%. 

8. Kode Emas 958

Selanjutnya menuju kadar emas yang lebih tinggi, ada emas dengan karat 23K atau 23K95 yang memiliki kadar kemurnian sebesar 95.8%. 

9. Emas 99

Terakhir ada kode emas 24 karat, adalah emas dengan kadar emas 99% emas murni. Emas ini memiliki harga yang termahal. Biasanya digunakan pada logam mulia berupa emas batangan.

Setelah menjawab pertanyaan mengenai apa kode emas muda? Dan apa kode emas tua? Selanjutnya adalah hal apa yang menjadikan anda harus berinvestasi dengan emas? Apa saja kelebihan investasi emas ini?

Baca juga: 

Kelebihan Investasi Emas yang Membuat Untung

Mau Investasi Emas? Ketahui Dulu Apa Kode Emas Muda dan Tua?

Dibandingkan dengan investasi pada hal lain seperti saham, properti, reksa dana, obligasi dan lain sebagainya, emas memiliki banyak kelebihan yang cukup unggul dan aman dibanding investasi jenis lainnya. Seperti:

1. Nilai Aset Cenderung Stabil

Kelebihan pertama, jenis-jenis investasi lain nilainya cenderung naik-turun. Berbeda dengan nilai emas yang setiap tahun cenderung naik. Hal ini sangat bagus untuk anda yang bertujuan untuk menjaga nilai uang dalam jangka panjang.

2. Mudah Dicairkan

Selanjutnya, meski investasi emas lebih disarankan untuk investasi jangka panjang, namun emas ini juga bisa dicairkan dengan sangat mudah, apabila anda sedang berada di keadaan darurat. 

Prinsip ini tidak hanya berlaku di Indonesia saja, tapi hampir seluruh negara di dunia juga mengakui nilai emas ini. Sehingga anda bisa mencairkannya menjadi uang tunai dengan sangat mudah dimana saja. 

Baca juga: 

3. Bebas Bunga

Kelebihan dari investasi emas selanjutnya adalah bebas bunga. Investasi jenis lain akan cenderung memiliki bunga. Hal ini akan menjadikan selisih, dan juga tanpa biaya admin penyimpanan setiap bulannya. Terutama jika anda memilih emas fisik.

4. Bersifat seperti dana darurat.

Kelebihan dari investasi emas ini juga bersifat seperti dana darurat. Semakin banyak dan sering anda menabung emas, semakin aman pula finansial anda.

Dana darurat sendiri biasa ditujukan atau disiapkan untuk keadaan darurat, seperti untuk antisipasi saat anda atau keluarga jatuh sakit, terkena PHK, atau musibah lainnya. Investasi emas ini juga bisa jadi sumber dana pensiun, lho

5. Melindungi Nilai Kekayaan

Kelebihan investasi emas lainnya adalah melindungi nilai kekayaan. Dengan berdasar riset harga emas yang setiap tahunnya cenderung naik, maka keuangan anda yang jika disimpan dalam bentuk uang bisa tergerus inflasi, akan cenderung aman dengan investasi emas ini.


Itu dia pembahasan mengenai apa kode emas muda dan emas tua, serta bagaimana kelebihannya. Jadi, apakah anda lebih yakin untuk memilih investasi emas sebagai pelindung kekayaan?

Posting Komentar

© Kompasar. All rights reserved. Developed by Jago Desain