Cara Mengecek Emas Asli Apa Palsu: Panduan Praktis untuk Identifikasi Kualitas Emas Anda

Mengecek emas asli atau palsu dengan mudah dan akurat menggunakan metode sederhana. Pelajari cara mengidentifikasi pada artikel berikut ini.
Cara Mengecek Emas Asli Apa Palsu

Sebagai salah satu barang yang sering dijadikan investasi, emas selalu menjadi primadona. Harga emas cenderung mengalami peningkatan, terlebih jika digunakan sebagai investasi jaka panjang. Bagaimana cara mengecek emas asli apa palsu?

10 Cara Mengecek Emas Asli atau Palsu

Sekilas keaslian emas memas sulit dibedakan. Namun meskipun sulit, ternyata Anda bisa membuktikan keasliannya melalui beberapa cara sederhana sebagai berikut:

1. Perhatikan Fisiknya dengan Seksama

Logam mulia pada umumnya memiliki tanda khusus pada fisiknya, misalnya cap yang menunjukkan kadar karatnya. Tanda ini menggunakan satuan karat, mulai dari 10K, 18K, 24K.

2. Gigit Emas

Cara ini cukup serin digunakan. Karakteristik emas cukup unik. Semakin tinggi kadarnya maka emas tersebut akan semakin lunak. Namun cara ini tidak berlaku untuk emas pada perhiasan. Pada umumnya perhiasan sudah dicampur dengan jenis logam lain.

Oleh karena itu, untuk cek keaslian emas pada perhiasan, Anda bisa mencoba cara lainnya.


3. Menggosoknya

Jika warna emas setelah digosok memudar dan tidak merata, maka bisa dipastikan emas tersebut palsu.

4. Dekatkan dengan Magnet

Emas adalah logam yang bersifat nonmagnetic, sehingga tidak bisa ditarik oleh magnet. Namun, bagi Anda yang memiliki perhiasan, Anda perlu ingat jika pada perhiasan terdapat kandungan logam lain. 

Oleh karena itu, cara mengecek emas asli apa tidak ini hanya bisa dilakukan pada logam mulia.

5. Goreskan Pada Keramik atau Kertas

Emas asli yang digosokkan pada kertas atau keramik tidak akan meninggalkan bekas. Akan tetapi, bisa jadi cara ini cukup berisiko karena dapat merusak benda yang digosokkan.

6. Meneteskan Asam Nitrat

Emas asli yang diteteskan asam nitrat tidak akan terjadi perubahan warna. Namun, Anda harus berhati-hati melakukan uji coba ini karena asam nitrat mengandung senyawa yang dapat membahayakan tubuh dan pernapasan.

7. Cek Keaslian dari Sertifikat

Pada umumnya terdapat hologram pada sertifikat yang dapat Anda cek di bawah sinar matahari. Jika sertifikat tersebut asli, maka akan terpantulkan warna-warni dari hologram tersebut.

8. Uji Keaslian dengan Suara

Anda bisa cek keaslian logam mulia dengan menjatuhkan atau mengetuk pada logam. Logam mulia yang asli akan mengeluarkan suara dering yang panjang dan bernada tinggi jika beradu dengan logam lain.


9. Datang ke Toko Terdekat

Anda bisa datang ke toko emas untuk cek keasliannya. Petugas biasanya akan membantu mengecek dan menentukan keaslian emas tersebut. Anda tidak perlu khawatir karena mereka sudah terbiasa melakukannya.

10. Beli di Tempat Terpercaya

Cara paling tepat agar mendapatkan emas asli adalah dengan membelinya di tempat terpercaya, baik secara online maupun offline. Dengan cara ini, Anda dapat terhindar dari penipuan dalam pembelian emas.

Selain melakukan cara mengecek emas asli apa palsu dengan cara di atas, Anda juga perlu mengetahui kode emas asli. 

Kode Emas Tua

Berikut beberapa kode emas tua yang perlu Anda pahami:

  1. Emas 585 atau 14K585. Arti dari kode tersebut memiliki kadar 58%. 
  2. Emas 700. Arti dari kode ini emas tersebut mengandung kadar sebesar 70%. Perhiasan jenis ini menjadi produk yang sering dijual di pasaran.
  3. Emas 750 yang artinya memiliki kadar sebesar 75%.
  4. Emas 833 yang artinya memiliki kadar 83,3%.
  5. Emas 850 yang artinya memiliki kadar 85%.
  6. Emas 875 yang artinya memiliki kadar 87,7%.
  7. Emas 916 yang artinya memiliki kadar kemurnian 91,6%.
  8. Emas 958 yang artinya memiliki kadar kemurnian 95,8%.

Demikian beberapa cara mengecek emas asli apa palsu serta beberapa kode emas tua yang perlu Anda ketahui agar tidak tertipu saat membelinya.

Berikut ini vide selengkapnya: 




Posting Komentar

© Kompasar. All rights reserved. Developed by Jago Desain