Apa Itu Gold 17K dan Apa Saja Kadar Emas Murni?

Temukan rahasia di balik Gold 17K dan kenali kelebihan yang dimilikinya. Pelajari semua yang perlu kamu ketahui tentang emas 17K.
Apa Itu Gold 17K

Emas memiliki banyak jenis berdasarkan kadar kemurniannya. Mulai dari 9K hingga 24K. Banyak juga yang menanyakan kadar 17K. Mari kita bahas mulai dari kadar 9K, apa itu gold 17K, hingga 24K. Simak penjelasan berikut. 

Jenis-Jenis Kadar Emas Murni

Emas murni memiliki beragam varian kadar, mulai dari yang rendah hingga hampir 100% murni. Perlu ditekankan bahwa tidak ada yang memproduksi emas 100% murni, karena sifat emas yang lunak saat kadarnya semakin besar. Maka dari itu emas membutuhkan campuran lain untuk memadatkan bentuknya. 

1. Emas 9 Karat

Pertama ada kadar terendah yakni Gold 9K, kadar kemurniannya hanya 37,5% atau sama dengan kode emas 375. Oleh karena itu, emas dengan kadar 9K masuk dalam kategori emas muda

Emas dengan kadar kemurnian yang rendah biasanya memiliki campuran lain dalam proses produksinya, seperti ditambah dengan tembaga, perak atau logam lain. Semakin rendah kadarnya biasanya warna emas akan semakin pucat. 


2. Emas 14 Karat

Kemudian ada emas dengan kadar 14 Karat, atau biasa disebut gold 14K. Emas ini kadar kemurniannya lebih tinggi, dengan kadar emas murni 58%. Kode cap pada emas ini sendiri biasanya 585. Namun lebih sering ditemukan di luar negeri seperti Eropa dan Australia. 

3. Emas 17 Karat

Nah, selanjutnya menjawab apa itu gold 17K. Kadar karatnya ini sudah lebih tinggi, dan banyak digunakan dan diperjual-belikan di Indonesia. 

Biasa dijumpai pada emas perhiasan, seperti gelang, cincin, anting atau kalung. Harganya sendiri dengan kadar 17K atau setara 71% masih cukup terjangkau, dengan kategori emas tua. Kode pada emas 17K ini adalah 700.

4. Emas 18 Karat

Berikutnya adalah kadar emas yang juga banyak sekali digunakan di Asia, termasuk di Indonesia. Kategori emas 18K ini sendiri adalah emas tua, dengan kode cap 750 atau setara kadar kemurnian 75%. Kadar ini sudah masuk dalam standar yang bagus untuk perhiasan. 

5. Emas 22 Karat

Lalu ada kadar emas 22 karat, atau disebut gold 22K. Cap emas dengan kadar 22K ini sendiri adalah 916, dengan kadar kemurnian 91%. Emas dengan kadar 22K ini sering dijumpai di Bali, Sulawesi, Dubai hingga Bangkok. 

6. Emas 24 Karat

Terakhir, emas dengan kadar tertinggi adalah emas 24 karat, atau biasa dituliskan 24K. Biasanya kadar 24K ini digunakan untuk emas batangan. Oleh karena itu harganya pun lebih mahal. Warnanya pun lebih menyala karena hampir 100% terbuat dari emas murni. 


Rekomendasi Batu Mulia Untuk Percantik Perhiasan Emas

Berikut beberapa rekomendasi batu mulia yang bisa Anda pilih untuk mempercantik perhiasan dari emas:

1. Batu Berlian

Rekomendasi pertama adalah batu berlian, yang sudah sangat dikenal akan kemewahannya. Anda bisa memadukan perhiasan cincin, gelang, kalung atau anting dengan berlian warna putih untuk menambah kemewahannya.

2. Batu Ruby

Kedua ada batu ruby yang memiliki warna merah delima. Warnanya ini akan sangat cantik dipadukan dengan warna emas. Cocok sekali anda gunakan sebagai permata pada cincin.


3. Batu Zircon

Anda juga bisa menggunakan batu zircon sebagai alternatif jika berlian terlalu mahal. Warnanya cukup variatif, seperti warna biru, merah, pink, orange, madu, hijau dan putih. Bisa disesuaikan dengan warna kesukaan anda.

4. Batu Safir

Selanjutnya ada batu safir, yang warnanya lebih pekat dan cukup variatif. Mungkin bisa jadi referensi untuk liontin kalung anda agar lebih mewah.

Itu dia pembahasan mengenai kadar emas, dan menjawab pertanyaan apa itu gold 17K. Jadi berencana menggunakan rekomendasi batu permata yang mana?

Posting Komentar

© Kompasar. All rights reserved. Developed by Jago Desain