Kode Emas Putih Apa Saja? Berikut Penjelasannya

Temukan kode rahasia emas putih terbaru! Pelajari jenis dan kegunaan emas putih apa saja dalam panduan kami. Mulai investasi emas putihmu sekarang!
Kode Emas Putih Apa Saja

Saat ini tidak hanya emas murni yang laris manis di pasaran, konsumen juga mulai melirik pesona emas putih. Bagi Anda yang tertarik dengan emas putih perlu tahu dulu kode emas putih apa saja. 

Hal ini agar Anda bisa langsung mengecek kadar kemurnian emas putih yang ingin Anda beli. Emas putih yang merupakan campuran logam emas dengan logam lain seperti perak, palladium, maupun platinum ini diminati karena lebih awet dan tahan lama dibanding emas murni. 

Berikut penjelasan lengkap mengenai kode emas putih.


Kode Emas Putih Apa Saja?

Berbeda dengan emas murni, emas putih yang terjamin asli umumnya memiliki kode 999. Kode ini menandakan bahwa emas putih mengandung kadar emas murni sebanyak 99,9. 

Kode ini biasanya muncul pada emas batangan maupun koin emas. Emas putih kode 999 tergolong ke dalam emas tua. Artinya kandungan emasnya di atas 70%.

Selain kode 999 dengan tingkat kemurnian emas yang paling tinggi. Masih ada beberapa lagi kode pada emas putih terutama pada perhiasan yang diperjualbelikan. Jika Anda bertanya ada berapa kode emas putih? Jawabannya yaitu 14. Berikut daftar kodenya.

  1. Kode emas 150, menandakan kadar emas murni pada perhiasan tersebut hanya 15%.
  2. Kode emas 300, menandakan kadar emas pada perhiasan tersebut hanya 30%.
  3. Kode emas 333, menandakan kadar emas pada perhiasan tersebut sebanyak 33,33%.
  4. Kode emas 375, menandakan kadar emas pada perhiasan tersebut sebanyak 37,5%.
  5. Kode emas 400, menandakan kadar emas pada perhiasan tersebut sebanyak 40%.
  6. Kode emas 420, menandakan kadar emas pada perhiasan tersebut sebanyak 42%.
  7. Kode emas 585, menandakan kadar emas pada perhiasan tersebut sebanyak 58%.
  8. Kode emas 700, menandakan kadar emas pada perhiasan tersebut sebanyak 70%.
  9. Kode emas 750, menandakan kadar emas pada perhiasan tersebut sebanyak 75%.
  10. Kode emas 833, menandakan kadar emas pada perhiasan tersebut sebanyak 83%.
  11. Kode emas 850, menandakan kadar emas pada perhiasan tersebut sebanyak 85%.
  12. Kode emas 875, menandakan kadar emas pada perhiasan tersebut sebanyak 87,5%.
  13. Kode emas 916, menandakan kadar emas pada perhiasan tersebut sebanyak 91,6%.
  14. Kode emas 958, menandakan kadar emas pada perhiasan tersebut sebanyak 95,8%.


Selain Kode, Ini Penanda Keaslian dari Emas Putih

Keberadaan kode pada salah satu bagian dari perhiasan yang Anda akan beli juga jadi indikator keaslian emas putih. Selain kode, berikut beberapa poin yang jadi pembeda antara emas putih asli dengan emas putih palsu.

1. Sertifikat Emas Putih

Pembelian emas putih yang asli akan disertai dengan bukti keaslian berupa sertifikat. Sertifikat emas putih yang asli dikeluarkan oleh perusahaan resmi ditandai dengan adanya watermark perusahaan pencetak sertifikat.

Selain itu, jika Anda menyinari bagian atas kertas sertifikat dengan sinar ultraviolet akan muncul garis berupa balok berwarna hijau.


2. Fisik dan Warna Emas Putih

Tampilan fisik yang bisa ditandai dari emas putih tampak dari warnanya yang kuning mengkilap. Untuk memastikan warna ini asli atau tidak. 

Anda bisa menggosokkan secara perlahan dengan tangan Anda. Jika warnanya memudar dan tidak lagi seperti warna sebelum digosok. Maka, bisa dicurigai emas putih tersebut palsu.

Sampai sini Anda sudah tahu kode emas putih apa saja. Sebenarnya, kode ini sama dengan yang digunakan untuk pengkodean emas kuning dan arti angkanya pun sama. Jadi, agar tidak keliru konfirmasikan kode tersebut pada penjualnya, yah!

Posting Komentar

© Kompasar. All rights reserved. Developed by Jago Desain