Cara Mengetahui Kadar Emas dengan Kode, Hindari Produk Palsu

Ketika hendak membeli emas wajib paham tentang karat dan cara mengetahui kadar emas dengan kode berikut ini supaya tidak tertipu emas palsu.
Cara Mengetahui Kadar Emas dengan Kode

Cara mengetahui kadar emas dengan kode merupakan panduan yang perlu diterapkan ketika hendak membeli logam mulia, terutama perhiasan. Membeli perhiasan sendiri umumnya bukan hanya dilakukan untuk menunjang penampilan namun juga sebagai investasi.

Perhiasan emas umumnya digunakan oleh masyarakat Indonesia sebagai dana darurat. Karena mudah dibeli ketika punya uang dan mudah dijual kembali tatkala membutuhkan uang dalam waktu cepat.

Lantas, apabila Anda juga ingin membeli perhiasan, wajib tahu dulu terkait kode emas. Sehingga dapat membedakan kualitas hingga terhindar dari produk palsu.


Berkenalan dengan Kadar atau Karat Emas

Sebelum mempelajari cara mengetahui kadar emas dengan kode, mari kenali dulu apa itu kadar atau karat emas. Kadar dapat dianggap sebagai jumlah kandungan emas murni di dalam perhiasan. Biasanya, kadar ini dinyatakan dalam istilah karat.

Umumnya Anda akan menemukan istilah karat ini dalam perhiasan. Misalnya saja 9 Karat (9K), 17 Karat (17K), 18 Karat (18K) sampai 24 Karat (24K).

Biasanya perhiasan sudah mendapat campuran dari jenis logam lainnya, bukan hanya logam mulia. Lantas, istilah karat menjadi pembeda kadar kandungan emas murni di dalam perhiasan.

Lantas, mengapa perlu cara mengetahui kadar emas dengan kode? Tujuannya adalah mampu mengetahui seberapa tinggi tingkat kemurnian dalam suatu perhiasan.

Karena tingkat kemurnian paling tinggi ialah 24K, banyak orang menganggap perhiasan juga ada yang kadar murninya sampai 24K. Namun, Anda perlu tahu bahwa tidak ada perhiasan dengan angka 24K sebab sifatnya yang lunak.

Tatkala tingkat karatnya semakin tinggi, tentu perhiasan akan semakin rentan tergores atau terbentur. Risiko kerusakannya juga semakin tinggi tatkala ada tambahan elemen lain pada perhiasan seperti permata atau berlian.

Oleh sebab itu, Anda tidak akan menemukan angka 24K ketika mengamati kode emas asli pada cincin atau jenis perhiasan lainnya. Jadi, pasti ada campuran jenis logam lainnya supaya perhiasan lebih kuat dan awet.

Kemudian, jika kadar kemurniannya semakin tinggi yang ditandai dengan angka karat tinggi, maka harganya akan semakin mahal. Sementara jika campuran jenis logam lainnya semakin banyak tentu harganya semakin murah.


Cara Mengetahui Kadar Emas dengan Kode Secara Mudah

Cara Mengetahui Kadar Emas dengan Kode

Di tanah air, ada dua golongan pembagian logam mulia. Yakni emas tua yang kadarnya 50% ke atas atau 12K ke atas. Ada lagi emas muda yang kadarnya 50% ke bawah atau 19K ke bawah.

Sebelum membahas cara mengetahui kadar emas dengan kode, kenali juga terkait penggolongan ini. Jadi, mari memulai dengan penggolongan emas tua yang kadarnya sebanyak 50% lebih.

Apabila Anda menemui emas 24K, maka perlu tahu bahwa kemurniannya mencapai 99,99%. Sementara pada perhiasan umumnya angka paling tinggi ialah 18K dengan tingkat kemurnian hingga 75%.

Alasan mengapa disebut tua bukan karena umur. Melainkan karena warnanya sangat kuning pekat. Warnanya sangat berbeda dengan yang kemurniannya kurang dari 50%. 

Mari mengenali bagaimana cara mengetahui kadar emas dengan kode? Simak penjelasan berikut.


1. 585 atau 14K585

Sebenarnya kode 585 atau 14K585 lebih umum ditemukan di luar negeri. Arti dari kodenya ialah kandungan atau tingkat kemurnian yang mencapai 58,5% sesuai dengan angkanya.

2. 700 

Kode emas asli selanjutnya adalah 700 di mana memuat kemurnian emas sampai 70%. Mungkin Anda juga sudah kerap melihat perhiasan dengan tanda 700 ini.

3. 750 

Angka 750 ini menunjukkan bahwa tingkat kemurnian sampai 75%. Jadi, apabila melihat perhiasan dengan tanda 750, silahkan mengingat bahwa kemurniannya sampai 75%.

4. 833

Perhiasan dengan kode 833 umumnya mempunyai tingkat kemurnian hingga 83,3%. Sekarang cukup melihat kodenya Anda bisa memperkirakan berapa tingkat kemurniannya.

5. 850 

Sekarang, bagaimana cara mengetahui kadar emas dengan kode lainnya? Untuk tanda 850, jawabannya ialah kemurniannya mencapai 85%. Setelah tahu beberapa kode di atas, sudahkah Anda bisa membedakannya dengan mudah?


Mengenali Makna Kode pada Emas Muda

Setelah mengenali kode dalam emas tua, sekarang mari mengenali untuk emas muda. Seperti sudah disinggung di atas, untuk tingkat kemurniannya kurang dari 50%. 

Umumnya logam mulia jenis ini mempunyai harga murah. Mengingat jenis logam campuran lainnya lebih banyak. Campuran logam lainnya membantu memberikan kesan berkilauan sehingga tetap terlihat cantik meskipun tingkat kemurniannya rendah.

Logam campurannya sendiri bisa terdiri dari berbagai jenis, misalnya perak, tembaga, dan lain sebagainya. Lantas, mari kenali makna kodenya dalam uraian di bawah ini.

150 

Pertama, mari kenali cara mengetahui kadar emas dengan kode 150. Maksud dari kodenya ialah kadar kemurniannya hanya mencapai 15%. Tanda 150 mudah dikenali dalam perhiasan karena produknya tersedia cukup banyak di pasaran.

420

Selanjutnya ada kode 420 dengan kadar kemurnian mencapai 42%. Tingkat kemurniannya jauh lebih tinggi dari pada kode 150. Mungkin Anda sudah kerap melihat tanda ini pada perhiasan seperti kalung. 

Ketika menerapkan cara mengetahui kadar emas dengan kode ini, Anda bisa menentukan kualitas produk karena tahu seberapa besar kemurniannya.
 
Kemudian juga tidak akan mudah tertipu produk palsu sebab tahu kisaran harga pasar untuk produk asli.

Anda juga bisa menyesuaikan dana dengan kebutuhan untuk membeli perhiasan. Mengingat harga untuk emas tua lebih mahal, maka bisa lebih bijak dalam memilih perhiasan.

Ada baiknya Anda mengingat baik-baik kode emas muda di atas. Jadi, ketika pergi ke toko perhiasan sudah hapal dengan tingkat kemurnian logam mulia. Jangan sampai tertipu penjual nakal yang menyediakan produk palsu.


Panduan Membedakan Emas Asli dan Palsu atau Tiruan 

Tahukah Anda jika ada banyak sekali pedagang nakal yang memalsukan perhiasan emas? Ada banyak juga kasus yang sudah tayang di media mengenai pemalsuan logam mulia. Supaya tidak tertipu, mari menyimak cara untuk membedakan mana asli dan tiruan berikut ini.

1. Mengamati Tanda 

Langkah pertama yang perlu dilakukan ketika berhadapan dengan logam mulia ialah melihat tanda. Perhatikan apakah ada kode atau tanda kemurnian pada permukaannya. Seperti tanda 18K, 17K dan lain sebagainya.

2. Mengamati Warna

Setelah menerapkan cara mengetahui kadar emas dengan kode, perhatikan warna pada permukaan emasnya. Warnanya harus solid dan tidak boleh pudar. Jika warnanya pudar, maka artinya produknya palsu.

3. Menggigit Produk 

Karena logam mulia mempunyai sifat lunak, tidak jarang dicampur logam lain ketika dibuat menjadi perhiasan. Biasanya produk asli tetap bisa ada bekas gigitan meskipun hanya sedikit.

Perlu ingat kembali bahwa angka karat paling tinggi pada perhiasan tidak akan mencapai 24K. Mengingat sifatnya lunak sehingga yang tidak cocok untuk digunakan sebagai perhiasan. Kemudian, terapkan cara mengetahui kadar emas dengan kode sebelum membeli. 

Posting Komentar

© Kompasar. All rights reserved. Developed by Jago Desain