Begini Cara Cek Keaslian Emas Mini yang Benar

Mengetahui bagaimana cara cek keaslian emas mini yang baik dan benar untuk membuktikan keaslian barang.
Ketahui cara cek keaslian emas mini yang tepat untuk menjamin keamanan dan kenyamanan saat bertransaksi. Emas kerap menjadi salah satu pilihan penyimpanan uang yang dipilih banyak orang karena nilai jual kembalinya dianggap cukup stabil.

Begini Cara Cek Keaslian Emas Mini yang Benar

Secara nilai memang tidak mengalami kenaikan, namun mampu bertahan dari inflasi sehingga menyesuaikan dengan waktu. Jika ini kali pertama Anda melakukan investasi, bisa salah satunya mempercayakan simpanan pada mini gold asli dari tempat terpercaya.


Cara Cek Keaslian Emas Mini Melalui CertiEye

Saat ini mini gold banyak menjadi pilihan untuk souvenir pernikahan atau juga sebagai bentuk hadiah. Anda perlu tahu bagaimana caranya cek keaslian emas mini yang benar agar tidak merugikan tamu maupun merugikan konsumen yang menjadi langganan di toko.

Sistem pembelanjaan online sudah marak, termasuk dalam hal membelanjakan uang untuk emas. Beruntungnya, saat ini bisa memeriksa originalitas emas cukup melalui media internet atau aplikasi saja, langkah-langkahnya sebagai berikut:

  1. Pergi ke Play Store untuk pengguna Android dan App Store untuk pengguna iOS
  2. Kemudian cari aplikasi CertiEye
  3. Lakukan instalasi atau pemasangan dan tunggu sampai aplikasinya terpasang sempurna
  4. Pastikan produk emas yang akan dibeli disertai dengan barcode

Untuk cara cek keaslian emas mini secara online, arahkan kotak scan pada CertiCode tersedia kemudian tunggu sampai keterangannya muncul
Jika setelah dipindai ternyata muncul tulisan AUTHENTICATED serta logo mini goldnya maka dapat dipastikan produk memang asli.

Apabila sudah melakukan serangkaian langkah di atas, ternyata notifikasi AUTHENTICATED tidak muncul maka pikirkan kembali untuk melanjutkan transaksi. Penting dipahami juga bahwa langkah pemeriksaan ini hanya bisa untuk berat gram tertentu.

Jika gram terlalu rendah maka scan barcode belum tersedia sehingga pemeriksaan online tidak bisa dilakukan. Jadi, aplikasi CertiEye untuk apa? Beberapa emas dengan gram tidak terlalu rendah bisa dicek melalui CertiEye, selebihnya langsung ke tempat.


Memeriksa Keaslian Melalui Fisik Emasnya

Begini Cara Cek Keaslian Emas Mini yang Benar

Jika butuh membeli gram rendah dan tidak tersedia proses pemeriksaan online, jangan mengambil risiko. Anda dapat menerapkan cara cek keaslian emas mini di bawah ini untuk memeriksa originalitas tanpa menggunakan alat atau cukup dengan mata telanjang:

  1. Pilih produk yang akan dibeli atau akan diuji keasliannya
  2. Perhatikan secara detail bentuk fisik mini gold tersebut
  3. Yang asli akan menyematkan ukuran atau kadarnya, seperti dimulai dari 10K, 18K, dan juga terakhir ada kadar 24K
  4. Pastikan emasnya bisa dibuka dari kemasan agar dapat digesekkan ke tangan dan memastikan warna tidak pudar
  5. Coba gesekkan pada kertas dengan super hati-hati, jika tidak berbekas maka artinya emasnya asli
  6. Jika ingin lebih terpercaya bisa digigit, saat terasa agak lunak maka emasnya asli. Semakin tinggi kadar emasnya, semakin lunak saat digigit
  7. Untuk cara cek keaslian emas mini yang tidak menimbulkan risiko bisa menggunakan magnet, yang asli tidak akan tertarik karena emas bukan benda magnetik
  8. Terakhir, bisa mendatangi petugas butik logam mulia untuk memeriksa keaslian

Delapan cara di atas menjadi alternatif ketika tidak bisa memeriksa originalitas emasnya secara online. Anda dapat memilih cara paling efektif untuk dilakukan dan memiliki risiko rendah dari penyebab kerusakan, seperti cara menggosokkan emas ke kertas.


Memeriksa Keaslian Menggunakan Asam Nitrat

Jika membeli emasnya secara langsung dan diberikan izin oleh penjual untuk memeriksa originalitas, bisa tanyakan bisa atau tidak dicek dengan cairan asam. Seharusnya penjual terpercaya tidak akan keberatan saat Anda menerapkan cara cek keaslian emas mini ini:

  1. Siapkan produk gold yang keasliannya akan diperiksa
  2. Teteskan cairan bernama Asam Nitrat pada emasnya
  3. Lihat secara seksama reaksi yang ditimbulkan setelah tetesan Asam Nitrat diberikan
  4. Emas asli tidak akan mengalami perubahan warna sama sekali

Artinya, jika melalui eksperimen di atas ternyata gold berubah warna, dipastikan produk tersebut palsu. Anda berhak membatalkan transaksi jika dari awal sudah ada kesepakatan dengan penjual, artinya kredibilitas penjual juga dipertanyakan untuk fakta ini.

Perhatikan juga jika setelah diteteskan ternyata warnanya menjadi warna susu maka artinya pedagang menjual perak. Perak yang dilapisi emas memang terkesan seperti gold sungguhan, namun tetap memiliki nilai jual lebih rendah.

Melalui cara cek keaslian emas mini ini, penjual tidak bisa mengelak saat Anda memberikan bukti di depan mata. Faktanya lagi, jika emasnya berubah menjadi kuning maka yang dijual merupakan logam kuningan berlapis emas, bukan gold asli.

Fakta lainnya, saat warna perhiasan atau goldnya berubah menjadi hijau maka dipastikan itu besi berlapis emas. Ingat, saat meneteskan Asam Nitrat, sebaiknya menggunakan pelindung karena cairannya berbahaya bagi tubuh maupun sistem pernapasan.


Hanya Membeli dari Tempat Terpercaya

Untuk mencegah hal-hal tidak diinginkan maka sebaiknya hanya membeli gold dari tempat terpercaya saja. Misal, beli langsung dari Antam, pegadaian, atau toko emas terpercaya. Perhatikan juga harga gold setiap saat, jika ada yang jual di harga rendah, periksa kembali.

Karena ada saja orang abai terhadap cara cek keaslian emas mini sebab mendapatkan penawaran harga lebih murah dari toko lainnya. Di awal mungkin akan terkesan menggiurkan, tetapi ketika nanti hendak menjual kembali maka harga turun drastis.

Jika sudah seperti ini maka tujuan berinvestasi justru akan merugikan diri sendiri. Setelah mendapatkan produk yang menarik juga wajib menghitung kembali ketika gram dikonversi ke harga emasnya, berapa kisaran harga yang sebenarnya saat diuangkan.

Karena sekarang saking banyaknya orang menggunakan mini gold sebagai alternatif hadiah, banyak juga orang berekspektasi tinggi. Dikiranya mendapatkan emas artinya mendapatkan hadiah ratusan ribu atau bahan jutaan rupiah, padahal bisa jadi puluhan ribu rupiah.


Edukasi nilai emas saat satuannya gram atau ketika dirupiahkan kembali lagi ke kebijakan penjual. Termasuk edukasi cara cek keaslian emas mini secara tepat juga kembali ke kebijakan para penjualnya.

Pengetahuan tentang cara memeriksa keaslian mini gold bukan hanya penting untuk pembeli, namun juga penjual. Lalu, apakah emas mini bisa dijual? Bisa, selama membelinya dari tempat terpercaya.

Ada banyak pilihan untuk memeriksa keaslian gold, silakan pilih prosedur paling memudahkan saja. Dari sekian banyak cara cek keaslian emas mini di atas, dijamin proses transaksi akan terasa lebih aman dan nyaman untuk jangka waktu panjang.

Posting Komentar

© Kompasar. All rights reserved. Developed by Jago Desain