Tabungan Emas BSI vs Pegadaian, Apa Perbedaannya?

Menjelaskan apa saja perbedaan tabungan emas BSI vs Pegadaian untuk mengedukasi masyarakat agar tahu mengenai detail lembaga yang ingin digunakan.
Tabungan Emas BSI vs Pegadaian, Apa Perbedaannya?

Dengan mengetahui perbandingan tabungan emas BSI vs Pegadaian, mungkin Anda bisa memilih tempat investasi yang tepat, Pada dasarnya, BSI dan Pegadaian menawarkan layanan serupa yaitu pembukaan rekening Tabungan Emas untuk para nasabah yang ingin melakukan investasi.

Pelayanan ini memungkinkan Anda untuk menabung atau menyetor uang dalam jumlah tertentu. Setelah itu dana tabungan yang terkumpul bisa dikonversikan kembali ke bentuk emas batangan. Emas yang dikonversi bisa dicetak, lalu disimpan untuk keperluan investasi jangka panjang.

Anda juga dapat menjual emas yang sudah dikonversi, di tempat pembukaan rekening tabungan. Tentunya layanan tabungan emas BSI vs Pegadaian menawarkan benefit yang berbeda. Jika tahu perbedaannya, Anda dapat memilih tempat pembukaan rekening sesuai minat dan kebutuhan.

Ada beberapa faktor yang membedakan kedua layanan lembaga keuangan tersebut. Faktor-faktor penting seperti biaya layanan, kualitas layanan, jenis tabungan emas serta fasilitasnya akan sangat berguna. Untuk mengetahui informasi lebih lengkapnya, simak penjelasan singkat di bawah ini.


Perbedaan Layanan Tabungan Emas BSI vs Pegadaian

Bisakah menabung emas di BSI?, berapa biaya tabungan emas di BSI?

Layanan tabungan emas sering kali ditawarkan oleh lembaga keuangan seperti halnya bank serta Pegadaian. Biasanya layanan ini disediakan untuk memudahkan nasabah investasi dengan modal terjangkau. Nasabah bisa beli emas mulai dari 0,01 gram, tergantung jenis tabungannya.

Bisakah menabung emas di BSI? Tentu saja Anda bisa, karena Bank Syariah Indonesia (BSI) sudah memiliki layanan tabungan emas. Anda dapat menabung emas menggunakan aplikasi BSI Mobile, jadi tidak perlu lagi datang ke outlet bank BSI untuk membuka rekening tabungan emas.

Jenis rekening tabungan E-Emas yang disediakan BSI ditargetkan untuk generasi muda. Sedangkan Pegadaian ditargetkan untuk masyarakat luas yang ingin melakukan investasi dengan modal kecil. Meskipun Pegadaian memiliki Digital Service, tapi layanan tersebut masih jarang diketahui.

Sebagai calon nasabah Anda harus tahu faktor penting penentu tabungan emas BSI vs Pegadaian. Masalah biaya admin, fasilitas, syarat dan ketentuan, semuanya perlu dipikirkan. Tujuannya agar Anda dapat memilih institusi terbaik untuk menabung dan menyimpan emas di sana.

Perlu diingat, tabungan emas menjadi salah satu instrumen investasi jangka panjang. Jika nasabah tidak berpikir panjang, maka dirinya akan menyesal di suatu hari nanti. Oleh sebab itu, Anda harus mengetahui apa saja fasilitas yang disediakan keduanya agar tidak merasa dirugikan.


Fasilitas, Benefit dan Layanan Tabungan Emas BSI

Untuk mengetahui perbedaan tabungan emas BSI vs Pegadaian, Anda perlu melihat layanan dari salah satu lembaganya. BSI menyediakan berbagai layanan perbankan syariah dan tabungan emas jadi salah satunya. 

Layanan setor dan simpanan ini sudah terintegrasi dengan aplikasi Mobile. Ingin lebih tahu, berapa biaya tabungan emas di BSI? Simak penjelasannya di bawah ini :

1. Biaya Tabungan Emas

Nasabah perlu membayar uang sebesar Rp 24.000, untuk biaya sewa tabungan E-Emas di BSI. Biaya sewa tersebut masih belum termasuk PPH dan NPWP yang ditangguhkan. Meski begitu, biaya yang ringan dapat membantu nasabah untuk menabung dalam jumlah kecil.

2. Syarat Pembukaan Rekening

Untuk membuka tabungan emas di BSI, Anda harus memiliki rekening dan data pribadi. Lalu minimal pembelian emas untuk nasabah di angka Rp 50.000 atau setara 0,01 gram. Dengan melihat syarat tabungan emas BSI vs Pegadaian, Anda dapat menyiapkannya sejak awal.

3. Syarat Minimal Transaksi

Tabungan emas BSI bisa dibuka dengan dana pembelian minimal Rp 50.000. Sedangkan untuk penjualan emas, berat minimal yang dapat dikeluarkan BSI adalah 1 gram. Tidak lupa, minimal transfer emas antar rekening BSI yaitu 0,01 gram dan penarikan fisik emas 1 gram.

4. Fasilitas Tabungan BSI

Tentu saja fasilitas tabungan emas BSI vs Pegadaian juga perlu diperhitungkan. Fasilitas yang ditawarkan BSI di antaranya asuransi jiwa, gadai emas Online, tarik fisik emas Online, transaksi jual, beli dan transfer dana tabungan secara Online menggunakan aplikasi BSI Mobile.

5. Kualitas Layanan

Kebanyakan layanan BSI disediakan melalui aplikasi Mobile. Baik itu daftar rekening tabungan emas, jual beli emas hingga cetak emas, semuanya dilakukan dari aplikasi. Jika Bank BSI dapat menjaga keamanan sistem transaksi digitalnya, maka kualitas layanannya dipastikan bagus.


Fasilitas, Benefit dan Layanan Tabungan Emas Pegadaian

Selain BSI, Anda pastinya harus mengetahui detail informasi layanan tabungan emas Pegadaian. Spesifikasi layanan, fasilitas dan benefit harus diperhatikan, karena kualitas pelayanan keduanya berbeda. 

Jika tertarik dengan Pegadaian, mungkin Anda bisa coba menabung di sana. Berapa biaya tabungan emas di Pegadaian? Lihat detailnya di bawah ini :

1. Biaya Tabungan Emas

Dari outlet dikenakan Rp 10.000 untuk pembuatan dan biaya penitipan Rp 30.000. Pegadaian digital tidak dikenakan biaya pembukaan rekening, tapi ada biaya penitipan Rp. 30.000. Lalu untuk agen pegadaian dan pegadaian digital menyesuaikan kedua biaya tersebut.

2. Syarat Pembukaan Rekening

Perbedaan tabungan emas BSI vs Pegadaian terlihat dari opsi pembuatannya. Syarat minimal pembukaan rekening tabungan emas dari outlet sebesar 0,01 gram emas, Pegadaian Digital Rp 50.000, Agen Pegadaian Rp 57.000 dan Pegadaian syariah digital Rp 70.000.

3. Syarat Minimal Transaksi

Pegadaian bisa cetak emas mulai dari kepingan 1 gram, sama seperti BSI. Nasabah juga dapat melakukan penjualan emas dari 1 gram. Sedangkan syarat minimal lainnya ada transfer antar rekening 0,1 gram dan pembelian emas dari tabungan dimulai dari 0,01 gram.

4. Fasilitas

Anda harus tahu, fasilitas tabungan emas BSI dan Pegadaian itu berbeda. Fasilitas Pegadaian menyediakan digital service, agen pegadaian, marketplace serta outlet yang tersebar di setiap wilayah. Anda juga akan mendapatkan sertifikat cetak emas dari Pegadaian langsung.

5. Kualitas Layanan

Pegadaian jauh lebih unggul, karena biaya admin dan pengelolaannya ringan. Semua layanan juga dikelola oleh tenaga ahli dan profesional sehingga nasabah sangat terbantu. 

Itu dia beberapa perbedaan antara tabungan emas BSI dan pegadaian yang perlu Anda ketahui lebih lanjut. Anda dapat melihat kualitas layanan tabungan emas BSI vs Pegadaian dari data-data di atas.

Posting Komentar

© Kompasar. All rights reserved. Developed by Jago Desain