Tabungan Emas BCA Syariah Cocok untuk Berinvestasi

Menjelaskan bagaimana syarat dan ketentuan untuk membuka tabungan emas BCA Syariah beserta informasi penting lainnya.
apa syarat menabung emas di Bank BCA?

Pada dasarnya, tabungan emas BCA Syariah adalah salah satu metode investasi terbaik. Produk BCA Syariah tersebut dapat digunakan oleh semua nasabah yang telah memiliki rekening pribadi. iB Emas dari BCA merupakan layanan kepemilikan logam mulia dengan prinsip syariah.

Produk BCA memungkinkan nasabah untuk memiliki emas berbentuk koin atau batangan sebagai instrumen investasi. Nasabah dapat membeli emas dengan cara mencicilnya secara bertahap dari tabungan pribadi. Pastinya Anda dapat menentukan nominal dan jangka waktu cicilannya.

Sesuai kebutuhan dan kemampuan masing-masing, cicilan emas dapat diperhitungkan. Tabungan emas BCA Syariah ini mengadopsi prinsip murabahah (akad jual beli). Artinya pihak bersangkutan dapat melakukan jual beli barang sesuai harga asal dengan keuntungan yang telah disepakati.

BCA memberikan banyak kemudahan untuk para nasabahnya seperti penyediaan buku tabungan. Buku tersebut dapat digunakan untuk bertransaksi dan bukti kepemilikan emas. Setiap pelayanan yang disediakan Bank juga telah terintegrasi dengan produk iB, jadi Anda bisa diuntungkan.


Syarat Nasabah Tabungan Emas BCA Syariah

Apa keunggulan menabung emas di BCA Syariah

Untuk membuka rekening tabungan emas di BCA, ada beberapa syarat dan ketentuan yang wajib dipatuhi. Tenang saja, persyaratannya cukup ringan sehingga semua orang bisa melakukannya. 

Di BCA Syariah, batas minimal usia nasabah tabungan emas adalah 21 tahun dan sudah bekerja. Selain itu, apa syarat menabung emas di Bank BCA? Simak penjelasannya berikut ini :

1. Syarat dan Ketentuan

Usia nasabah 21 tahun dan sudah bekerja ialah syarat standar yang harus dipatuhi. Ketentuan lainnya, maksimal usia nasabah 55 tahun bagi karyawan dan 60 tahun bagi profesional di masa tempo pelunasan. DP Minimal yang harus disiapkan nasabah sebesar 20% dari nilai emas.

2. Syarat Dokumen 

Nasabah perlu mempersiapkan beberapa dokumen seperti Fotokopi KTP, NPWP (jika transaksi lebih dari 100 juta), slip gaji 1 bulan terakhir (asli) dan data rekening tabungan 3 bulan terakhir (copy). Tabungan emas BCA Syariah bisa join income, Anda perlu fotokopi data pasangan.

3. Pembayaran dan Pelunasan

Secara otomatis menggunakan autodebet, cicilan tabungan emas diambil dari rekening Anda. Pelunasan paling cepat minimal 1 tahun setelah tanggal pembiayaan pertama. Jangka waktu yang bisa dipilih untuk mencicil emas ialah minimal 2 tahun dan maksimal selama 5 tahun.

4. Jenis Logam Mulia

Tabungan emas BCA Syariah dijamin berbentuk batangan bersertifikat 24 karat (99,99%). Ada beberapa pecahan emas yang dapat dipilih oleh para nasabah. Beberapa kepingan tabungan emas di antaranya 10 gr, 25 gr, 50 gr, 100 gr (minted bars) serta 25 gr (cast bars).

5. Biaya Tabungan Emas

Pastinya nasabah harus membayar biaya administrasi untuk menyimpan emas di Bank. Saat ini BCA Syariah membaginya dalam beberapa kategori, berdasarkan beratnya. Biaya admin dan beratnya, terdiri dari :

  • 10 gr - 25 gr dikenakan biaya Rp 50.000
  • 25 gr - 50 gr dikenakan biaya Rp 75.000
  • 50 gr - 100 gr dikenakan biaya Rp 100.000
  • 100 gr - 300 gr dikenakan biaya Rp 150.000
  • > 300 gr dikenakan biaya Rp 200.000


Informasi Penting bagi Nasabah Tabungan Emas BCA Syariah

Nasabah harus tahu beberapa hal penting lainnya terkait tabungan emas di BCA. Saat ini fasilitas BCA Syariah sangat mendukung layanan tabungan emas untuk keperluan investasi. Terdapat SDB atau Safe Deposit Box yang dapat dimanfaatkan untuk menyimpan emas hasil investasi.

Selain itu, BCA juga menawarkan layanan yang berkualitas. Proses pembuatan rekening tabungan emas cepat dan mudah, semua orang bisa melakukannya. Tabungan emas BCA Syariah awalnya dimulai dari 20% uang muka dari harga beli logam mulia atau setara dengan 10 gr emas.

Produk yang ditawarkan juga memiliki margin setara 8,13% flat p.a, emas batangan. Nasabah akan mendapatkan lebih banyak promo penarik yang ditawarkan oleh pihak bank. Seperti halnya ada promo Hut ke-13 BCA Syariah, menawarkan biaya admin tabungan emas sebesar Rp 13.000.

Jangan khawatir, Anda berkesempatan mendapat lebih banyak penawaran lainnya di masa depan. Perlu diketahui, semua syarat dan ketentuan tabungan emas BCA Syariah masih bisa berubah. Jangan lupa, Update terus informasi terbaru seputar produk BCA di situs resminya langsung.

Keuntungan Menabung Emas di BCA Syariah

Sampai sekarang, BCA Syariah tetap diakui karena memiliki layanan yang optimal. Jika ingin cari tempat berinvestasi khususnya emas, menabung saja di BCA Syariah. 

Kualitas layanannya sudah tidak perlu diragukan lagi, karena banyak nasabah baru bergabung ke sana. Apa keunggulan menabung emas di BCA Syariah? Berikut informasinya :

1. Proses Cepat & Mudah

BCA Syariah melayani nasabah secara baik, cepat dan profesional. Mengurus buka rekening tabungan emas dapat dilakukan dalam kurun waktu singkat. Selama syarat dan ketentuannya sudah ditaati, Anda dapat langsung membuka tabungan emas di BCA Syariah.


2. Pembiayaan s.d Rp 150 jt

Nasabah tabungan emas BCA Syariah bisa melakukan cicilan pembiayaan s.d Rp 150 juta. Hal ini tentu jadi kelebihan tersendiri, karena biaya investasi jadi semakin besar. Dengan adanya tabungan emas, Anda bisa mempersiapkan dana investasi untuk hari tua nanti.

3. Biaya Terjangkau

Untuk biaya transfer, pencetakan, pembelian dan penjualan emas dalam tabungan emas BCA. Nasabah dikenakan biaya sesuai dengan ketentuan yang berlaku di BCA Syariah. Detail biaya dapat dilihat pada informasi produk dan layanan yang disediakan oleh situs resmi.

4. Opsi Join Income

Keunggulan yang terakhir ialah, nasabah tabungan emas bisa menggunakan Join Income. Opsi layanan ini, memungkinkan nasabah suami istri untuk saling mencicil tabungan emas. Pastinya suami dan istri harus menjadi nasabah BCA Syariah terlebih dahulu untuk melakukannya.

Dengan keempat keunggulan tersebut, Anda bisa menabung dan berinvestasi secara nyaman. Jika butuh informasi terkait tabungan emas BCA Syariah, silakan tanyakan langsung pada CS Official. 

Posting Komentar

© Kompasar. All rights reserved. Developed by Jago Desain