Syarat Tabungan Emas Pegadaian dan Tips Menabungnya

Ada beberapa syarat tabungan emas Pegadaian yang perlu dipenuhi sebelum membuka tabungan. Berikut syarat, panduan lengkap, beserta tips menabungnya.
berapa minimal uang untuk menabung emas di pegadaian?

Ada beberapa syarat tabungan emas Pegadaian yang perlu diperhatikan apabila Anda ingin mulai membuka tabungan di BUMN tersebut. Pasalnya, menabung logam berharga seperti emas di Pegadaian lebih terpercaya karena dianggap lebih aman.

Apalagi biaya administrasi untuk tabungan emas di Pegadaian juga cenderung sangat rendah dibandingkan biaya administrasi dari platform investasi lainnya. Selain itu, lembaga ini juga merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN), sehingga mudah diakses dari mana saja.

Setoran serta penarikannya juga diketahui fleksibel, sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan finansial penyetor. Oleh karena itu, sebaiknya ketahui bagaimana syarat menabung emas di Pegadaian?

Pastikan juga untuk memenuhi seluruh persyaratan tersebut sesuai prosedur yang ditetapkan agar Anda bisa menabung dengan aman. Hal ini juga penting untuk memastikan keamanan sekaligus memperkuat keabsahan transaksi.


Berikut Syarat Tabungan Emas Pegadaian

bagaimana syarat menabung emas di pegadaian?

Salah satu keunggulan utama menabung logam berharga di Pegadaian yaitu persyaratannya dikenal sangat mudah. Mulai dari berkas penting hingga biaya per transaksinya, berikut ini beberapa syarat yang wajib Anda ketahui serta terapkan:

1. Melampirkan Identitas yang Masih Berlaku

Syarat tabungan emas Pegadaian yang pertama adalah melampirkan identitas yang masih berlaku, bisa berupa KTP, SIM, maupun paspor. Hal ini penting sebab digunakan untuk mengidentifikasi diri dan memastikan bahwa nasabah benar Warga Negara Indonesia (WNI).

2. Mengisi Formulir Pembukaan Rekening

Syarat selanjutnya yaitu membuka akun atau rekening tabungan emas atas nama sendiri dengan cara mengisi formulir pembukaan rekening tabungan emasnya. Formulir tersebut bisa diperoleh melalui Kantor Cabang terdekat sesuai domisili Anda.

3. Membayar Biaya Transaksi

Terakhir, pastikan untuk membayar biaya transaksi sebagai syarat tabungan emas Pegadaian yang terakhir. Biaya administrasinya adalah sebesar Rp10.000, ditambah biaya fasilitas titipan selama 12 bulan ke depan dengan nominal Rp30.000.

Setelah memenuhi ketiga syarat di atas, nasabah sudah bisa melakukan pembelian. Lalu, berapa minimal uang untuk menabung emas di pegadaian? Yang menjadi patokan bukan jumlah minimal uang, melainkan berat emasnya, yaitu minimal sebesar 0,01 gram.


Panduan Buka Tabungan Emas di Pegadaian

Setelah mengetahui apa saja persyaratannya, Anda juga perlu memahami bagaimana prosedur lengkap untuk membuka tabungan emasnya. Berdasarkan panduan dari website resmi Pegadaian, berikut ini langkah-langkah penting untuk diikuti:

1. Siapkan dan Lengkapi Syarat Tabungan Emas Pegadaian

Pertama-tama, siapkan syarat utamanya terlebih dahulu sesuai penjelasan di atas, yaitu kartu identitas. Pastikan untuk menggunakan identitas diri sendiri sebagai pemilik rekening, baik itu KTP, SIM, maupun paspor.

2. Dapatkan Formulirnya dan Isi Sesuai Data Diri

Selanjutnya, dapatkan formulir pembukaan rekeningnya di kantor cabang Pegadaian terdekat atau melalui situs resmi Pegadaian di https://www.pegadaian.co.id/. Isi formulir dengan lengkap sesuai dengan data diri yang tertera pada KTP atau kartu identitas lainnya.

3. Bayar Biaya Transaksi Sesuai Ketentuan

Selanjutnya, bayar biaya transaksi sesuai syarat tabungan emas Pegadaian, yaitu sebesar Rp10.000 ditambah biaya fasilitas titipan Rp30.000. setelah melakukan pembayaran, maka Anda akan memperoleh rekening tabungan emasnya.

4. Lakukan Pembelian dengan Berat Minimal 0,01 gram

Berikutnya, lakukan transaksi dengan minimal pembelian sebanyak 0,01 gram serta maksimal 100 gram per hari. Harganya tergantung pada rate nilai emasnya di hari itu, misal jika harganya di hari itu adalah Rp13.200 per 0,01 gram, maka itulah harga yang harus dibayar.

5. Lakukan Order Cetak Jika Dibutuhkan

Lalu, apakah tabungan emas di pegadaian bisa di ambil? Ya, bisa diambil dengan cara melakukan order cetak. Namun, transaksi pencetakannya saat ini hanya bisa dilayani pada kantor cabang tempat membuka rekening saja.

Persyaratan melakukan pencetakan emas batangan adalah dengan menunjukkan kartu identitas asli beserta buku tabungan. Adapun pilihan cetakannya adalah 1 gr, 2 gr, 5 gr, 10 gr, 25 gr, hingga 50 gr dan 100 hr. Biayanya sendiri bervariasi sesuai berat kepingan emasnya.


Berikut Tips Menabung Emas di Pegadaian

Setelah mengetahui apa saja syarat tabungan emas Pegadaian beserta panduan untuk membuka tabungannya, ketahui juga bagaimana tips menabung yang baik agar keuntungan semakin optimal. Berikut adalah beberapa hal yang bisa diterapkan:

1. Tentukan Target Investasi

Pertama-tama, tentukan terlebih dahulu target tabungan atau investasi yang ingin Anda capai. Apakah target tersebut untuk keperluan investasi jangka pendek, menengah, atau jangka panjang.

Dengan menentukan target, Anda selaku nasabah dapat memilih jenis produk tabungan emas paling tepat untuk memperkirakan jumlah investasi yang dibutuhkan. Selain itu, proses menabung juga akan menjadi lebih terencana sesuai syarat tabungan emas Pegadaian.

2. Buat Perencanaan Keuangan

Agar semakin terencana, jangan lupa buat Financial Planning (perencanaan keuangan) secara detail. Hal ini penting dalam rangka menghindari kesulitan di kemudian hari akibat ketidak stabilan harga emasnya, sekaligus membantu menentukan jumlah tabungan per bulannya.

Misalnya, Anda bisa menentukan akan menabung minimal 100 gram per bulan atau 0,01 gram per hari, sesuai kondisi keuangan. Selain itu, perencanaan keuangan juga bisa membantu dalam memilih produk tabungan emas yang tepat. 


3. Ikuti Perkembangan Harga Emas 

Selanjutnya, jangan lupa untuk selalu memperhatikan perkembangan harga emasnya setiap secara rutin. Karena syarat tabungan emas Pegadaian adalah minimal transaksi sebesar 0,01 gram, pastikan untuk memilih gramasi paling sesuai dengan kondisi pasar emas saat itu.

Pasalnya, harga emas memang dikenal berubah-ubah setiap saat, dipengaruhi oleh kondisi keuangan nasional maupun dunia. Sebaiknya, belilah saat harga rendah lalu jual ketika harganya sedang tinggi agar keuntungan yang diperoleh semakin maksimal.

4. Menabung Secara Konsisten dan Rutin

Tips terakhir sekaligus paling penting adalah menabung secara rutin dan konsisten. Tetapkan jadwal menabung sesuai kondisi keuangan Anda secara teratur setiap bulannya, misalnya 5-10% dari total pendapatan, namun bisa lebih besar maupun lebih kecil dari persentase itu.

Berapapun nominal tabungannya, hal terpenting untuk diperhatikan adalah konsistensi. Anggap saja seperti sedang menabung uang biasa, bedanya dalam bentuk logam mulia yang nilainya sulit terpengaruh inflasi sehingga cenderung selalu naik.

Selain itu, Anda juga bisa berkonsultasi bersama ahli keuangan sebagai solusi membuat perencanaan keuangan yang lebih baik. Yang penting, pastikan untuk memenuhi syarat tabungan emas Pegadaian serta cara membuka tabungannya sesuai ketentuan Pegadaian.

Posting Komentar

© Kompasar. All rights reserved. Developed by Jago Desain