925 Sterling Silver with 18k Gold Plating Artinya Apa?

Mengenal 925 sterling silver with 18k gold plating artinya apa dengan tepat sebelum membeli perhiasan.
Penasaran, 925 sterling silver with 18k gold plating artinya apa? Sebelum masuk ke pembahasan, semua pasti sepakat bahwa perhiasan menunjukkan kesan mewah. Sekarang definisi perhiasan bukan hanya soal aksesoris berbahan dasar emas, bisa juga perak.

Beberapa orang bahkan memilih perak sebagai alat menyempurnakan penampilan karena harganya lebih terjangkau. Seperti emas, perak juga memiliki beberapa jenis yang setiap jenisnya memiliki karakteristik tertentu dan menunjukkan nilai jual berbeda-beda.


925 Sterling Silver with 18k Gold Plating Artinya Apa?

925 Sterling Silver with 18k Gold Plating Artinya Apa?

Sekarang mari bahas satu per satu arti dari 925 sterling silver with 18k gold plating. Pertama dari angka 925 ini mengindikasikan persentase kandungan perak dalam perhiasan. Ini menandakan kandungan perak sebesar 92,5% dalam perhiasannya.

Sementara sisa sebanyak 7,5% adalah kandungan logam lain yang membantu tekstur perhiasan menjadi lebih kokoh dan mudah dibentuk. Angka tersebut biasanya akan dijadikan sebagai kode pada setiap produk untuk menandakan keaslian perhiasan.

Penting diketahui 925 sterling silver with 18k gold plating artinya secara tepat untuk menghindari kemungkinan Anda keliru membeli. Umumnya, kode perhiasan yang banyak beredar ada pada angka 900, 700, 420, dan juga kode terendahnya 375.

Semakin tinggi kode, maka semakin tinggi juga kandungan emas atau dalam hal ini perak dalam perhiasan. Ini artinya pertanyaan, apakah gold plated bisa luntur? Bisa dijawab dengan tegas, tidak semudah itu luntur.

Sebagai informasi, kode 925 atau sebanyak 92,5% kandungan perak di dalam perhiasan merupakan jenis perhiasan paling bagus. Pada persentase ini, perak akan sangat mendukung proses pembuatan perhiasan secara lebih mudah dan berkualitas pada setiap produk.


Mengenal Istilah Sterling Silver

apakah gold plated bisa luntur?

Lanjut ke penjelasan 925 sterling silver with 18k gold plating artinya apa untuk istilah sterling silvernya. Sterling silver merupakan istilah dalam bahasa Inggris yang artinya adalah perak murni atau perhiasan dengan kandungan jumlah perak tertinggi di kelasnya.

Mengaitkan dengan kode 925 di depan istilah perak murni, ini artinya kandungan perak di atas 90% sama dengan jenis perak murni. Jika diibaratkan sebagai perhiasan emas maka setara dengan emas murni yang memiliki nilai jual tertinggi diantara emas lainnya.

Penting untuk diketahui bahwa jenis-jenis perhiasan perak yang beredar ada banyak jenisnya, bisa dibilang kadar 92,5% ini termasuk tertinggi. Perak memang akan selalu dicampur dengan kandungan logam lain untuk membuat tekstur lebih kuat.

Namun, definisi 925 sterling silver with 18k gold plating artinya yang sebenarnya adalah hanya kurang dari 10% pencampuran logam lainnya. Silver atau perak menjadi alternatif perhiasan selain emas yang dipilih lebih banyak orang, khususnya di Indonesia.

Harga yang terpaut lebih murah dibandingkan emas utuh menjadi pertimbangan utama. Selain itu, desain dan model perhiasannya tidak lekang waktu sehingga berhasil membuat pemakainya merasa percaya diri dan naik ke kelas kalangan elite ke atas.

Sterling silver di dunia ada banyak, ada yang menggunakannya untuk dipakai, ada yang digunakan sebagai pajangan. Beberapa juga memanfaatkan bahan dasar perak ini sebagai bahan utama pembuatan medali untuk mengapresiasi kemenangan seseorang.


Memahami Arti dari 18K

Sudah memahami makna kode di awal dan juga istilah utamanya, sekarang mari pahami apa itu emas 18k? 18k gold plating merupakan sebuah isyarat yang menandakan bahwa kandungan perhiasan tersebut dilapisi oleh emas seberat 18 karat, 18k artinya 18 karat.

Sehubungan dengan 925 sterling silver with 18k gold plating artinya, dalam hal ini 18k menunjukkan ukuran karat emas dalam perhiasan perak. Penting untuk dipahami bahwa jumlah karat tertinggi sebesar 24 karat, namun hal itu tidak mungkin pada jenis ini.

Karena jika kandungan emas sebesar 24 karat maka sudah jelas masuk kategori emas murni, bukan perak murni. Pada perhiasan perak, peran emas hanya sebagai pelapis luar saja.

Dalam Bahasa Indonesia, istilah gold plating disebut juga sebagai lapis emas, artinya Anda akan melihatnya pada permukaan luar. Lapis emas selain diterapkan pada bahan dasar perak juga bisa diterapkan pada berbagai jenis logam lain tentunya dengan tujuan jelas.

Pada 925 sterling silver with 18k gold plating artinya sebesar 18 karat kandungan emas digunakan untuk mempercantik perhiasan. Selain itu, lapisan emas juga diterapkan untuk melindungi perhiasan, terutama bahan utama perak secara lebih sempurna.

Biasanya pada perhiasan perak yang berlapis emas akan menunjukkan warna rose gold atau warna gold saja. Jika dipersentasekan maka ukuran sebesar 18 karat pada emas itu sama dengan memiliki kandungan sebesar 70% dalam perhiasannya.

Kandungan emas sebesar 70% ini sudah mendapatkan persetujuan ahli merupakan kandungan terbaik dalam pembuatan perhiasan. Jadi, sampai sini ada banyak sekali keuntungan ketika Anda memilih jenis perhiasan satu ini.


Sterling Silver dapat Digunakan untuk Investasi

Terjawab sudah semua istilah yang digunakan dalam 925 sterling silver with 18k gold plating artinya secara akurat. Jadi, sampai sini Anda sudah memahami berapa persentase kandungan peraknya, persentase kandungan emasnya, dan juga jenis perhiasannya.

Setelah mengetahui detail keterangan di atas, Anda bisa menentukan ingin jenis perhiasan seperti apa. Sterling silver merupakan pilihan terbaik setelah emas murni untuk menyimpan uang atau melakukan investasi dengan risiko rendah dan keuntungan tidak signifikan.

Namun, jika ingin nilai lebih maka bisa memilih emas murni langsung, tetapi kekurangannya memang harga lebih mahal. Selain itu, statistika menunjukkan harga emas murni tidak naik terlalu signifikan jika dibandingkan dengan perhiasan perak.

Jika tujuannya sekadar untuk digunakan demi menyempurnakan penampilan maka selera bisa menjadi pendorong keputusan nomor satu. Namun, apabila tujuan mencari tahu 925 sterling silver with 18k gold plating artinya secara tepat untuk investasi maka bisa pikirkan lagi.

Konsultasi dengan ahli jenis perhiasan seperti apa yang bagus dan menjanjikan untuk investasi ke depannya. Gegabah dalam bersikap tentu akan berdampak panjang terhadap waktu, tenaga, dan uang yang saat ini dikorbankan.

Bagaimanapun, setiap orang memiliki alasan membeli perhiasan untuk apa. Terpenting adalah mengetahui lebih dulu apa 925 sterling silver with 18k gold plating artinya secara tepat agar tidak merasa dirugikan dalam kondisi apapun ke depannya.

Posting Komentar

© Kompasar. All rights reserved. Developed by Jago Desain