Buka Tabungan Emas Mandiri Syariah, Syarat dan Ketentuannya

Mengetahui informasi terkait tabungan emas Mandiri Syariah yang perlu Anda ketahui sebagai calon nasabah
Buka Tabungan Emas Mandiri Syariah, Syarat dan Ketentuannya

Kini tabungan emas Mandiri Syariah telah hadir dan dapat digunakan untuk melakukan investasi. Bank Mandiri Syariah sudah menyediakan produk tabungan investasi berbentuk emas. Tabungan tersebut dikelola oleh Bank Syariah Mandiri (BSM) atau Bank Syariah Indonesia (BSI).

Dengan adanya produk tabungan emas, Anda dapat berinvestasi sejak dini. Mandiri menawarkan berbagai layanan perbankan dan tabungan emas menjadi salah satunya. Nasabah bisa membuka rekening tabungan emas, mencicil setoran dan mendapatkan emas yang diinginkan.

Prinsip tabungan emas Mandiri Syariah ialah Mudharabah atau sesuai akad jual beli. Saat terjadi transaksi, emas masih memiliki nilai jual beli yang sama dan keuntungan berasal dari kesepakatan kedua belah pihak. Muharabah telah digunakan oleh setiap bank Syariah di Indonesia.

Untuk membuka tabungan emas, Anda harus memiliki rekening Wadiah Mandiri Syariah terlebih dahulu. Setelah itu, buka aplikasi Mandiri Syariah Mobile dan lakukan aktivasi rekening emas dari sana. Rekening tabungan emas bisa langsung digunakan setelah proses verifikasi selesai.


Syarat dan Ketentuan Tabungan Emas Mandiri Syariah

Samakah BSI dengan Mandiri Syariah?

Pastinya ada beberapa hal yang perlu diketahui calon nasabah sebelum membuka tabungan emas di Mandiri Syariah. Mulai dari syarat dan ketentuannya, Anda harus memahaminya terlebih dulu. 

Ketentuan ini meliputi dokumen, setoran awal, biaya admin dan transaksi lainnya. Apakah di Mandiri bisa menabung emas? Tentu saja bisa, berikut syarat dan ketentuannya :

1. Dokumen Pendaftaran

Siapkan rekening Mudharabah atau Wadiah Mandiri Syariah. Aktifkan aplikasi Mandiri Syariah Mobile dan buka fitur e-mas di dalam aplikasinya. Ikuti langkah-langkah tersebut, siapkan juga NPWP jika diperlukan sebagai salah satu syarat pembukaan rekening tabungan emas.

2. Setoran Awal

Tabungan emas Mandiri Syariah perlu setoran awal sebesar 0,1 gram emas atau di kisaran Rp 100 ribu. Saldo minimal yang diperlukan nasabah untuk menyimpan emas di angka 0,05 gram. Setelah DP, nasabah bisa melanjutkan cicilan 0,05 gram atau Rp 50 ribu dan seterusnya.

3. Jenis Logam Mulia

Logam mulia yang ditawarkan untuk para nasabah bersertifikat 24 karat. Nantinya Anda bisa memperoleh sertifikat ketika mencetak emas. Mandiri Syariah menyediakan beberapa keping emas seperti 10 gram, 25 gram, 50 gram, 100 gram hingga 300 gram sesuai minat.

4. Biaya Admin dan Operasional

Untuk biaya admin tabungan emas Mandiri Syariah dikenakan Rp 5 ribu per bulan. Sedangkan biaya penarikan fisik emas sebesar Rp 10 ribu per gramnya. Lalu terakhir, biaya transfer emas antar rekening E-Emas Mandiri Mobile di kisaran Rp 5 ribu per transaksi.


Mengenal Produk Tabungan Emas di Mandiri Syariah

Perlu diketahui, tabungan emas yang ditawarkan Mandiri Syariah adalah hasil kerja sama tiga bank BUMN. Ketiga bank tersebut bekerja sama dan menjadi satu institusi yaitu Bank Syariah Indonesia (BSI). Fasilitas dan layanan yang disediakan Mandiri Syariah, sudah terintegrasi dengan BSI.

Samakah BSI dengan Mandiri Syariah? Jawabannya sama, karena Anda menabung emas di Bank BSI. Seluruh transaksi dan setoran uang untuk tabungan emas, terkumpul dalam satu tempat.

Oleh sebab itu, sekarang masyarakat sudah dapat melakukan investasi emas melalui layanan yang tersedia. Tabungan Mudharabah dan Wadiah, menjadi rekening utama yang bisa Anda pilih saat ingin menabung. Keduanya juga telah diintegrasikan dengan tabungan emas Mandiri Syariah.

Saat menabung emas, autodebit atau cicilan akan terpotong langsung dari tabungan Anda. Sistem tabungan emas ini tidak seperti penyimpanan dana pada umumnya. Sebagai nasabah, Anda akan menabung untuk mencicil emas dalam berat tertentu dan mengonversinya jadi emas batangan.

Itulah alasan mengapa beberapa institusi seperti Pegadaian menyediakan layanan cetak emas. Di sini, layanan berguna untuk mengonversi tabungan emas jadi kepingan emas secara langsung.


Keunggulan Produk Tabungan Emas Mandiri Syariah

Samakah BSI dengan Mandiri Syariah?

Pastinya ada banyak kelebihan yang bisa didapatkan oleh para nasabah nantinya. Mandiri Syariah menjamin layanannya unggul dan dapat memaksimalkan kebutuhan nasabah. Meskipun dikelola oleh BSI, namun tetap saja Mandiri Syariah masih menjadi pihak yang bersangkutan. Berikut keunggulan:

1. Berbentuk Digital

Tabungan emas BSI adalah model investasi berbentuk emas digital. Dengan fitur E-Emas dari dalam aplikasi Mandiri Syariah Mobile, Anda sudah melakukan investasi dari mana saja dan kapan saja. Lebih simpel, cepat, efisien, kekinian dan mendukung generasi milenial.

2. Menawarkan Kemudahan

Karena berbentuk digital, layanan tabungan emas Mandiri Syariah menawarkan kemudahan, keamanan dan kenyamanan. Anda bisa langsung mengurus setiap keperluan dokumen secara Online. Dokumen yang dimaksud tentu saja urusan transaksi jual beli emas di aplikasi.

3. Setoran Awal Ringan

Mandiri Syariah menawarkan setoran awal yang ringan, sebesar 0,1 gram atau kurang dari Rp 100 ribu. Ditambah lagi, Anda bisa mencicil tabungan emas minimal dari 0,05 gram atau Rp 50 ribu. Hal ini sangat membantu, khususnya generasi muda yang ingin berinvestasi.

4. Kompetitif

Tabungan emas Mandiri Syariah mengikuti harga pasar yang berlaku dan bisa berubah setiap saat. Dengan begitu, harga jual emas masih mengikuti nilai logam mulia di pasaran. Perubahan bisa terjadi, sehingga Anda perlu cari momentum untuk mendapat harga tertinggi.

5. Fleksibel

Bank Mandiri Syariah menawarkan beberapa keping emas 24 karat untuk para nasabah. Anda bisa memilih berat emas dari 10 gram, 25 gram, 50 gram hingga 100 gram, sesuaikan dengan kemampuan. Dijamin Anda bisa pilih sendiri, sesuai kondisi tabungan dan anggaran.

Dengan berbagai layanan, fasilitas, syarat dan ketentuan di atas, Anda jadi tahu tentang tabungan emas di dalam bank Mandiri Syariah. Jika tertarik, Anda dapat daftar langsung di aplikasi Mobile. Tabungan emas Mandiri Syariah jadi salah satu metode untuk melakukan investasi sejak dini.

Posting Komentar

© Kompasar. All rights reserved. Developed by Jago Desain