Mengenal Gadai Tabungan Emas, Manfaat Hingga Cara Pengajuan

PT Pegadaian menawarkan layanan menggadaikan tabungan emas sebagai jaminan. Layanan tersebut adalah Gadai Tabungan Emas dengan penjelasan berikut.
Bagaimana cara gadai tabungan emas?

Layanan atau fitur Gadai Tabungan Emas telah dikeluarkan oleh PT Pegadaian (Persero) sejak tahun 2021. Fitur satu ini diluncurkan guna melengkapi layanan Tabungan Emas sehingga nasabah dapat memperoleh dana darurat.

Pemerolehan dana darurat tersebut bisa secara cepat karena menggunakan jaminan berupa saldo Tabungan Emas. Layanan ini merupakan suatu produk kredit yang menerapkan sistem gadai dan bisa digunakan seluruh lapisan masyarakat.

Dengan produk ini, setiap lapisan masyarakat dapat memanfaatkannya dalam rangka memenuhi kebutuhan produktif maupun konsumtif. Akan tetapi, setiap orang yang ingin memanfaatkannya tentu harus memiliki tabungan terlebih dahulu.


Kupas Tuntas Gadai Tabungan Emas

Apakah tabungan emas di Pegadaian bisa digadaikan?

Jika ingin menggunakan fitur satu ini, ada baiknya Anda mengetahui informasinya secara tuntas terlebih dahulu. Dengan begitu, nantinya Anda sebagai nasabah bisa menggunakan fiturnya secara baik dan tidak sampai keliru.

Sejak diluncurkan kali pertama, banyak orang ingin memastikan apakah tabungan emas di Pegadaian bisa digadaikan? Hal tersebut wajar saja sebab layanan atau fiturnya masih tergolong baru dengan penawaran menarik.

Seperti telah disinggung sebelumnya, layanan ini memberikan kredit kepada setiap golongan masyarakat (nasabah) dengan menerapkan sistem gadai. Jaminan dari pemberian kredit tersebut dapat berupa emas batangan ataupun batangan.

Berdasarkan pengertian tersebut, Gadai Tabungan Emas berbeda dengan Tabungan Emas Pegadaian. Tabungan sendiri merupakan layanan bagi masyarakat yang ingin menitipkan saldo emas dalam rangka berinvestasi.

Investasi tersebut diminati banyak orang sebab risikonya dinilai lebih minim dibandingkan instrumen lainnya. Terlebih harganya juga terjangkau karena nasabah dapat mulai mencicilnya dari 0,01 gram.

Selain terjangkau, keamanannya juga lebih terjamin karena pemiliknya akan memperoleh saldo dalam satuan gram. Emasnya juga dapat dicetak menjadi kepingan, batangan, atau bahkan perhiasan sesuai keinginan.

Tidak hanya itu, manfaat lainnya adalah saldo emasnya dapat dijual kembali atau digadaikan. Sesuai dengan layanan Gadai Tabungan Emas, nasabah dapat menjadikan saldo tersebut sebagai jaminan dalam pemberian kredit.

Jika ingin menggunakan layanan tersebut, nasabah diharuskan untuk menyisihkan tabungan emasnya paling sedikit 0,1 gram. Apabila seseorang memiliki tabungan 1 gram, berarti yang bisa digadai hanya 0,9 gram.

Sementara itu, tenor untuk memanfaatkan layanan gadai tersebut cukup beragam. Tenornya dimulai dari 30 hari, 60 hari, 90 hari, 120 hari, tau bakan bisa diperpanjang jika peminjam belum mampu melunasinya.


Manfaat dan Keunggulan Gadai Tabungan Emas

Manfaat dari penggunaan produk kredit ini tentu saja makin banyaknya pilihan jenis barang sebagai jaminan. Jika sebelumnya hanya emas, permata, kendaraan bermotor, elektronik, barang gudang, sekarang tabungan emas juga bisa.

Hal tersebut tentu makin memudahkan para nasabah dari setiap golongan ketika ingin mengajukan kredit. Terlebih saat ini investasi emas memang makin digemari banyak orang karena dinilai minim risiko dan menjanjikan.

Kehadiran layanan atau fitur Gadai Tabungan Emas mendatangkan banyak kemudahan bagi para nasabah. Layanan yang diluncurkan oleh Pegadaian ini menawarkan begitu banyak kelebihan, seperti berikut.

  1. Layanannya disediakan secara offline di outlite Pegadaian serta online di aplikasi “Pegadaian Digital
  2. Jumlah outlite dari Pegadaian yang disediakan sangat banyak, yakni 4.000 lebih
  3. Nasabah nantinya dapat menerima pinjaman atau kredit dalam dua pilihan, yaitu tunai atau transfer melalui rekening bank
  4. Tenor atau rentang waktu pinjamannya sangat panjang, yakni paling lama 120 lama
  5. Rentang waktu pinjamannya dapat diperpanjang, caranya adalah membayar sewa modalnya saja atau melakukan angsuran sebagian dari uang pinjaman
  6. Peminjam tidak diharuskan membuka rekening bank, sistemnya adalah perhitungan sewa modal
  7. Prosedur pengajuannya antiribet sehingga Anda tidak perlu bingung
  8. Meskipun tenornya cukup panjang, tetapi pelunasannya bisa dilakukan kapan saja
  9. Nominal pinjamannya tergolong besar, mulai dari Rp50.000 sampai dengan Rp500.000.000 atau bahkan lebih dari itu
  10. Keamanan barang yang dijadikan jaminan dapat dipercaya dan diasuransikan


Gadai Tabungan Emas, Begini Cara Pengajuannya

Setelah mengenali layanan terbaru dari Pegadaian ini, Anda mungkin mulai tertarik untuk menggunakannya. Maka dari itu, penting untuk memahami cara pengajuannya sehingga bisa berhasil atau dikabulkan.

Banyak nasabah menanyakan bagaimana cara gadai tabungan emas? Khususnya para pemilik Tabungan Emas yang ingin menggunakan produk kredit tersebut dengan menggunakan saldo emasnya sebagai jaminan.

Jika ingin menggunakan produk kredit ini, Anda dapat memilih dua metode, yakni mendatangi outlet Pegadaian secara langsung atau lewat aplikasi. Keduanya sama-sama gampang, tetapi ada perbedaan pada alur proses pengajuannya.

Sebelum mengajukannya, perlu disiapkan beberapa berkas persyaratan terlebih dahulu. Mulai dari fotokopi KTP, menyerahkan jaminan, serta menandatangani Surat Bukti Gadai atau SBG, kemudian mengikuti alur Gadai Tabungan Emas berikut.

1. Offline

  1. Mendatangi outlet-nya secara langsung pada jam kerja
  2. Sesampainya di sana, Anda bisa langsung mengisi formulir pengajuan, menentukan nominal kredit, beserta rentang waktu gadai
  3. Jika sudah terisi secara lengkap, pengajuannya akan diproses sampai berhasil dicairkan
  4. Penerimaan dananya bisa berupa uang tunai atau dapat juga via transfer rekening bank

2. Online

  1. Anda perlu memastikan sudah terdaftar di aplikasi Pegadaian Digital dan mempunyai Tabungan Emas
  2. Setelah itu, aplikasi tersebut perlu di-upgrade terlebih dahulu menjadi premium melalui outlet terdekat
  3. Jika aplikasinya sudah premium, sekarang Anda bisa menggadaikan tabungan tadi pada menu “Emas”, kemudian ketuk opsi “Gadai
  4. Langkah selanjutnya adalah menentukan berapa berat emasnya yang ingin digadaikan
  5. Anda juga perlu menentukan berapa lama rentang waktu pinjamannya beserta rekening bank sebagai tujuan pencairan dana pinjaman
  6. Jika sudah terisi dengan benar, pengajuannya akan diproses dan saldo emasnya akan diblokir oleh pihak aplikasi
  7. Saldo tersebut akan dikembalikan ketika Anda sudah berhasil menebusnya kembali secara lunas


Berdasarkan alur proses pengajuan tersebut, sebenarnya keduanya sangat gampang dan pastinya tidak membutuhkan waktu lama. Namun, memilih cara online melalui aplikasi bisa menjadi solusi ketika tidak memiliki waktu cukup.

Apalagi dana pinjamannya juga akan masuk ke rekening pemohon secara real time atau pada saat itu juga. Terkadang terdapat sela waktu beberapa menit sampai dananya masuk, tetapi itu masih wajar.

Dengan berbagai kemudahan tersebut, tidak mengherankan kalau layanan atau fitur ini menjadi salah satu favorit masyarakat. Layanan Gadai Tabungan Emas bisa menjadi solusi karena prosesnya mudah dan terjangkau.

Posting Komentar

© Kompasar. All rights reserved. Developed by Jago Desain