Cara Cek Emas Antam Asli dan Bagaimana Memperolehnya

Cara cek emas Antam asli penting untuk diketahui apabila Anda ingin berinvestasi pada jenis aset logam mulia ini. Berikut panduan lengkapnya.
Cara cek emas Antam asli penting untuk diketahui apabila Anda ingin berinvestasi pada jenis aset logam mulia satu ini. Sebab meskipun menjanjikan, namun ternyata ada beberapa oknum tidak bertanggung jawab yang menjualbelikan emas Antam palsu.

Oleh karena itu, mengetahui cara mengecek keasliannya sangat penting bagi para calon investor untuk memastikan emasnya memang asli dan berkualitas tinggi. Hal ini bisa dilakukan melalui beberapa cara, baik dengan uji fisik, cek sertifikat, maupun menggunakan aplikasi.

Jika tidak yakin, tersedia juga tempat-tempat terpercaya yang menyediakan layanan pengecekan seperti toko perhiasan atau agen resmi dari Antam Tbk. Namun apabila sudah tahu bagaimana caranya, Anda bisa mengeceknya sendiri secara mandiri.


Apa Itu Emas Antam dan Bedanya dengan Logam Mulia Lain

Cara Cek Emas Antam Asli dan Bagaimana Memperolehnya

Sebelum mengetahui cara cek emas Antam asli, sebaiknya ketahui dulu apa itu definisi serta perbedaannya dengan jenis logam mulia lain. Sesuai namanya, jenis logam mulia ini diproduksi oleh PT Antam Tbk, perusahaan pertambangan milik negara Indonesia.

Jadi, beli emas Antam apakah ada sertifikat? Ya, sebab keasliannya harus dibuktikan dengan sertifikat. Sertifikat tersebutlah yang membedakan logam mulia ini dengan jenis lain. Faktor pembeda lainnya adalah tingkat kemurnian yang tinggi sehingga nilai jualnya juga tinggi.

Selain itu, karena emasnya memiliki sertifikat, maka terdapat garansi atau jaminan atas tingkat kemurnian atau kadar emasnya. Tingkat kemurnian ini sendiri diukur dengan satuan karat, di mana 1 karat setara dengan 1.24 bagian (sekitar 4,1667% dari keseluruhannya).

Sementara itu, jenisnya sendiri ada 2, yaitu tipe LM klasik serta tipe LM terbaru yang sudah dilengkapi teknologi CertiCard. Meski jenis LM klasik adalah yang paling populer di kalangan masyarakat luas, namun jenis LM CertiCard juga semakin banyak dipilih orang.


Berikut Cara Cek Emas Antam Asli

Lalu, bagaimana cara mengecek emas Antam asli atau palsu? Pada dasarnya, cara mengecek keasliannya dengan akurat bisa dilakukan melalui 2 cara, yaitu secara langsung melalui sinar UV serta secara digital melalui aplikasi bernama CertiEye.

1. Cara Cek Emas Antam Asli dengan Sinar UV

Cara pertama yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan pancaran sinar UV (Ultra Violet). Sebab dalam jenis logam mulai Antam asli, terdapat simbol Swadharma yang sulit dilihat oleh mata telanjang, namun bisa dilihat dari bawah pancaran sinar UV.

Oleh karena itu, dibutuhkan alat khusus untuk memancarkan sinar UV dalam cara cek emas Antam asli menggunakan metode ini. Namun jika Anda memiliki alatnya, maka ikuti langkah-langkah pengecekan berikut ini:

  1. Posisikan emasnya di bawah pancaran sinar UV.
  2. Di bawah sinar UV, jika emasnya asli maka akan terlihat strip menyerupai benang atau garis-garis acak yang berpendar warna-warni, mirip seperti uang kertas serta blok hijau uang kertas pada salah satu sisinya.
  3. Jika asli, akan tampak juga logo watermark dari perusahaan yang mencetak sertifikat keaslian emasnya, yaitu PT Swadharma Eragrafindo Sarana.
  4. Khusus cetakan dengan berat 10 gram ke atas, akan terlihat kode seri yang tercetak pada fisik emasnya.


2. Cara Cek Emas Antam Asli dengan Aplikasi

Khusus jenis terbaru yang sudah dilengkapi teknologi CertiCard, Anda bisa mengecek keasliannya menggunakan aplikasi. Lalu, apa nama aplikasi untuk mengecek keaslian emas Antam? Nama aplikasinya adalah CertiEye, serta bisa diunduh via Play Store atau App Store.

Cara menggunakannya juga cukup mudah, namun tidak bisa diaplikasikan pada jenis emas LM Antam klasik. Apabila jenis logam mulia yang Anda miliki adalah LM terbaru, maka langkah-langkah untuk mengeceknya adalah sebagai berikut:

  1. Unduh dan instal aplikasi CertiEye via Google Play Store (Android) ataupun App Store (iOS/iPhone).
  2. Selanjutnya, buka aplikasi tersebut lalu klik menu pindai (scan). Lakukan pemindaian menggunakan kamera di bagian barcode CertiCode yang tertera pada setiap bentuk fisik produk emas batangan produksi Antam.
  3. Jika produknya asli, maka akan ditampilkan logo ANTAM beserta tulisan “AUTHENTICATED” sebagai penanda atau bukti.


3. Cara Cek Emas Antam Asli dengan Menimbangnya

Cara satu ini sebenarnya tidak seakurat cara lain, namun jika Anda memiliki jenis Antam klasik yang belum dilengkapi teknologi CertiCard, maka metode ini bisa dicoba. Adapun langkah-langkah untuk mengecek keasliannya adalah sebagai berikut:

  1. Amati penampilan fisik dar batangan emasnya sebelum ditimbang. Perhatikan berapa jumlah gramasi yang tertera dalam satuan gram.
  2. Kemudian, timbang emasnya. Sebaiknya, gunakan jenis timbangan digital agar lebih akurat serta mudah digunakan.
  3. Lalu baca hasil timbangannya dengan toleransi berat +/- 0,01 gram. Apabila hasil yang muncul sama dengan keterangan berat pada sertifikat, maka emasnya asli.
  4. Untuk memastikan lebih jauh lagi, coba raba permukaannya pada bagian tulisan ukuran gram. Pada jenis yang asli, tulisan Fine Gold serta serta angka di sebelahnya akan timbul keluar, sedangkan tulisan serial numbernya masuk ke dalam.
  5. Dalam cara cek emas Antam asli ini, Anda juga bisa mengamati bagian belakangnya. Pastikan Apakah terdapat logo hologram huruf M atau tidak jika dilihat dari depan, serta huruf L jika dilihat dari samping kanan kiri atau bawah.
  6. Jika perlu, lakukan pengujian dengan magnet. Emas Antam asli diketahui memiliki tingkat kemurnian hingga 999,9%, sehingga tidak akan menempel meskipun didekatkan ke permukaan magnet.


Cara Memperoleh Emas Antam Asli

Ternyata, ada banyak cara cek emas Antam asli yang bisa dicoba untuk menentukan status keasliannya. Namun agar tidak salah membeli yang palsu, sebaiknya ikuti cara memperoleh emas Antam asli berikut ini:
Lakukan pembelian hanya di tempat yang resmi, terjamin, dan terpercaya, contohnya seperti Pegadaian atau platform investasi lain berizin OJK.

Jika ingin membeli dari tempat selain agen atau pihak yang berhubungan dengan perusahaan Antamnya itu sendiri, coba belilah di toko emas terpercaya yang reputasinya terpercaya, baik toko offline maupun marketplace online.

Hindari membeli dari pihak-pihak yang kredibilitasnya tidak terjamin, bahkan meskipun ditawarkan dengan harga lebih murah.

Dengan mengikuti 3 panduan sederhana di atas, Anda bisa terhindar dari risiko ditipu oleh oknum penjual tidak bertanggung jawab. Yang penting, jangan lupa menerapkan cara cek emas Antam asli di atas sebelum membeli logam mulia pilihan Anda.

Posting Komentar

© Kompasar. All rights reserved. Developed by Jago Desain