Emas Lantakan Adalah: Kelebihan dan Tips Investasinya

Emas lantakan adalah salah satu jenis instrumen investasi dalam bentuk logam mulia yang menjanjikan. Berikut kelebihan dan tips investasinya.
Emas Lantakan Adalah: Kelebihan dan Tips Investasinya

Emas lantakan adalah salah satu jenis instrumen investasi dalam bentuk logam mulia yang memiliki karakteristik berbeda dengan emas biasa. Hal tersebut ikut mempengaruhi tingkat kemurnian beserta nilainya sebagai logam mulia.

Meskipun demikian, jenis logam mulia satu ini tetap berpotensi untuk dijadikan sebagai salah satu aset tabungan maupun investasi. Pasalnya, emas dikenal sebagai aset yang nilainya sulit atau bahkan tidak akan turun, sebab cenderung naik seiring berjalannya waktu.

Baik dalam bentuk batangan maupun perhiasan, nilainya akan tetap sama tergantung pada tingkat kemurnian. Oleh karena itu, ketahui apa itu definisi, kelebihan, hingga tips investasinya sebelum Anda memutuskan membeli emas lantakan.


Emas Lantakan Adalah Jenis Emas Seperti Apa? Berikut Penjelasannya

apa yang dimaksud dengan emas cukim?

Tahukah Anda apa yang dimaksud dengan emas cukim? Pada dasarnya, emas cukim atau biasa disebut emas lokal tersebut sama dengan lantakan, yaitu yang emasnya diperoleh dari hasil peleburan perhiasan yang kemudian dimurnikan lalu dibentuk menjadi batangan.

Sehingga secara fisik, bentuknya memang sepintas sama seperti jenis logam mulia batangan lain, yaitu berbentuk bongkahan kecil maupun batangan persegi panjang. Bedanya, jenis satu ini tidak dilengkapi oleh sertifikat.

Hal ini karena emas lantakan adalah hasil dari peleburan serta pemurnian oleh toko-toko, biasanya diambil dari perhiasan yang cacat atau rusak. Setelah dilebur lalu dimurnikan, barulah emasnya bisa dijual kembali kepada pelanggan dalam bentuk yang baru.

Itu sebabnya, jenis lokal atau lantakan ini berbeda dengan jenis ANTAM. Tahukah Anda apa beda emas ANTAM dan emas lokal? Bedanya yaitu pada sertifikatnya, sebab jenis ANTAM diproduksi secara nasional dari perusahaan PT Aneka Tambang (ANTAM).

Selain itu, tipe ANTAM ini juga sudah memperoleh sertifikasi internasional resmi dari LBMA (London Bullion Market Association). Meskipun demikian, bukan berarti tipe lantakan tidak bernilai. Karena sudah dimurnikan, nilainya kurang lebih sama saja, tetapi tidak bersertifikat.

Itu sebabnya, biasanya jenis ini hanya bisa dijual belikan pada toko-toko tertentu, yaitu tempat melebur atau memurnikan emasnya. Karena itulah ia disebut sebagai emas lokal, sebab tidak bersertifikat internasional dan hanya bisa dijual belikan secara lokal saja.


Kelebihan Emas Lantakan untuk Investasi

Memang benar bahwa emas lantakan adalah jenis logam mulia yang hanya bisa diperjual belikan secara lokal saja. Namun, bukan berarti tipe ini tidak layak dijadikan sebagai aset investasi. Berikut ini adalah berbagai keuntungan menjadikannya sebagai aset investasi:

1. Harga Lebih Murah Tapi Nilainya Relatif Sama

Keuntungan pertama adalah harganya lebih murah, padahal sebenarnya nilai emasnya sama. Hal ini karena jenis logam mulia ANTAM memiliki sertifikat, sehingga harganya lebih mahal, padahal jika kemurniannya sama sebenarnya nilainya juga sama saja dengan jenis lantakan.

2. Biaya Cetak Lebih Murah

Selanjutnya, salah satu kelebihan emas lantakan adalah biaya cetaknya jelas lebih murah, sebab tidak dibutuhkan biaya cetak sertifikat. Anda hanya perlu membawa emasnya ke tempat peleburan untuk kemudian dimurnikan lalu dicetak menjadi bentuk batangan.

Hal ini berbeda dengan jenis logam mulia ANTAM yang biasanya dikenai biaya untuk mencetak sertifikat sebesar sekitar Rp40.000 per gramnya. Tetapi ingat, hasil cetakan tipe lantakan biasanya tidak serapi ANTAM, ada juga yang hanya berupa bola atau bongkahan.


3. Lebih Mudah Diperoleh

Keunggulan lain dari emas lantakan adalah jenis logam mulia ini lebih mudah diperoleh dan lebih terjangkau. Anda bisa memperolehnya dengan mudah dari toko-toko perhiasan di sekitar, tidak perlu datang langsung ke tempat khusus seperti penyedia emas ANTAM resmi.

4. Potensi Keuntungan Tetap Sama Besarnya

Meskipun tidak dilengkapi sertifikat, bukan berarti nilainya tidak sama. Asalkan tingkat kemurniannya terjamin, misal memiliki kadar 24 karat sesuai hasil pemeriksaan, artinya nilainya juga sama dengan logam mulia ANTAM 24 karat yang bersertifikat.

Karena emas Lantakan adalah hasil dari peleburan serta pemurnian secara mandiri, maka sebagai langkah antisipasi pembeli memang harus lebih cermat memilih emasnya. Selama Anda membeli yang tingkat kemurniannya baik, maka harganya akan tetap sama tinggi.


Tips Berinvestasi dengan Emas Lantakan

Lalu, sebaiknya memilih aset untuk investasi lebih baik emas apa? Pada dasarnya tidak ada masalah jika Anda memilih tipe lokal atau lantakan, asalkan mengikuti beberapa tips berinvestasi secara aman berikut ini:

1. Pastikan Kadar Kemurniannya

Pertama-tama, pastikan kadar kemurnian emasnya terlebih dahulu. Karena tidak ada sertifikatnya, jenis emas cukim atau lantakan ini memang tidak bisa tergaransi kadar emasnya. Apabila tidak teliti, Anda bisa saja tertipu oleh penjual tidak bertanggung jawab.

Misalnya, bisa saja penjual tersebut mengklaim emasnya memiliki kadar 24 karat, tetapi setelah diperiksa ternyata tidak sesuai karena sudah tercampur dengan logam lainnya. jadi, pastikan untuk selalu memastikan bagaimana kadar kemurnian emasnya terlebih dahulu.

2. Hanya Beli di Toko Terpercaya

Agar terhindar dari penipuan oleh penjual tidak bertanggung jawab, cara terbaik memperoleh emas lantakan adalah dengan membelinya dari toko terpercaya. Misalnya yaitu toko yang perhiasan emasnya memang sudah terjamin asli serta murni tanpa campuran logam lain.

Selain itu, Anda juga bisa meleburkan serta mencetak lantakan dari perhiasan Anda sendiri yang sudah tidak terpakai lagi. Cukup bawa perhiasan emasnya ke toko yang menyediakan jasa peleburan dan pemurnian, maka Anda sudah bisa mengubahnya jadi bentuk bongkahan.


3. Simpan di Tempat Aman

Jika belum ingin dijual, maka pastikan untuk menyimpannya di tempat aman seperti SDB (Safe Deposit Box) atau brankas milik pribadi. Selain itu, selalu simpan nota pembelian bersama dengan emasnya sebagai bukti dan catatan atas kadar serta berat emasnya.

4. Lakukan Penjualan di Tempat Anda Membeli

Karena emas lantakan adalah hasil pemurnian yang tidak bersertifikat, artinya tidak terdapat garansi terkait kemurniannya. Oleh sebab itu, biasanya tidak semua tempat atau toko perhiasan menerima pembelian jenis emas lokal atau lantakan ini.

Agar lebih aman serta pasti laku, sebaiknya jual emasnya di tempat Anda membeli atau tempat meleburkan sebelumnya, karena toko tersebut tahu persis berapa kadarnya. Jangan lupa juga mengecek harga emas terbaru di hari itu saat akan melakukan transaksi penjualan.

Biasanya, toko-toko membeli logam mulia jenis lantakan sebagai bahan untuk membuat perhiasan emasnya ataupun untuk dijual kembali. Itu sebabnya, emas lantakan adalah salah satu opsi aset logam berharga yang menjanjikan sebagai instrumen investasi.

Posting Komentar

© Kompasar. All rights reserved. Developed by Jago Desain