Berapa Cicilan Emas di Pegadaian dan Sistem Cicilannya

Salah satu hal penting untuk diperhatikan saat mengkredit emas di Pegadaian adalah berapa cicilan emas di Pegadaian. Berikut panduan menghitungnya.
berapa dp cicil emas di pegadaian?

Salah satu hal penting untuk diperhatikan saat membeli emas dengan mekanisme cicilan di Pegadaian adalah terkait berapa cicilan emas di Pegadaian. Pasalnya, jumlah kredit atau cicilan tersebut dapat berpengaruh terhadap biaya setoran di setiap periode yang ditentukan.

Saat ini, memang semakin banyak orang memilih untuk memperoleh logam mulia dari lembaga terpercaya seperti Pegadaian melalui mekanisme cicilan. Dengan sistem mencicil ini, proses angsuran menjadi lebih mudah, ringan, sekaligus fleksibel.

Apalagi sebagai aset, logam mulia satu ini memang dikenal sangat likuid serta nilainya cenderung naik dari waktu ke waktu, sangat cocok untuk kebutuhan dana mendesak. Jika tertarik mencoba mekanisme ini, maka penting bagi Anda untuk mengetahui biaya cicilannya.


Berapa Cicilan Emas di Pegadaian? Berikut Penjelasannya

bagaimana cara mencicil emas di pegadaian?

Seperti produk kredit atau cicilan lainnya, kredit logam mulia seperti emas juga tidak bisa langsung dibayarkan begitu saja. Terdapat biaya uang muka atau biasa disebut DP serta biaya tambahan lainnya seperti bunga dan biaya pemeliharaan jika ada.

Lalu, berapa DP cicil emas di pegadaian? Pada dasarnya, biaya DP atau uang muka tersebut berbeda tergantung jenis kredit yang dipilih. Jika memilih sistem cicil personal, DP minimal adalah 15%, sedangkan DP minimal untuk sistem cicil arisan adalah 10% per anggotanya.

Selain itu, untuk mengetahui berapa cicilan emas di Pegadaian, Anda juga harus membayarkan biaya administrasi per transaksi. Biasanya, Pegadaian menetapkan biaya sekitar Rp50.000 per transaksi, baik untuk jenis personal maupun kelompok arisan.

Besaran cicilannya juga dipengaruhi oleh berapa lama jangka waktu mencicil yang dipilih. Semakin lama waktu cicilannya, maka jumlah angsuran juga lebih sedikit. Sebaliknya, jika ingin waktu cicilannya lebih cepat maka jumlah angsuran yang dibayar akan lebih besar juga.


Simulasi Perhitungan Berapa Cicilan Emas di Pegadaian beserta Bunganya

Lalu, bagaimana cara menghitung jumlah cicilan emasnya serta berapa lama cicilan gadai emas di pegadaian? sebagai panduan, Anda bisa menyimak rincian hitungan terkait kredit emas di Pegadaian berikut ini:

1. Simulasi Cara Hitung Jumlah Cicilan untuk Kredit Personal

Ada 2 jenis tipe kredit logam mulia dari pegadaian, yaitu personal serta kelompok dalam bentuk arisan. Untuk mengetahui berapa cicilan emas di Pegadaian dalam varian cicil secara personal, berlaku ketentuan biaya sebagai berikut:

  • Uang muka minimal 15 persen
  • Margin (mun’ah) pemeliharaan 0,92 persen dari nilai taksiran emasnya per bulan
  • Biaya administrasi Rp50.000 per transaksi
  • Pilihan jangka waktu 3, 6, 12, 18, 24, hingga 36 bulan
  • Pilihan emasnya yaitu tipe ANTAM, UBS, Lotus Archi, dan Galery 24

Berdasarkan ketentuan di atas, maka bisa dihitung berapa total cicilannya. Misal, Anda memilih merek ANTAM dengan harga beli saat itu adalah Rp1.117.000 per gram, maka rincian perhitungannya adalah sebagai berikut:

  • Tentukan berapa harga emasnya sesuai yang ingin dibeli. Misal jika membeli logam mulia jenis ANTAM sebanyak 1 gram, maka total harganya adalah Rp1.117.000.
  • Tentukan jumlah uang muka dengan minimal 15% dari harga emasnya. Misal dipilih angka 15%, maka jumlah uang mukanya adalah Rp167.550. Selain itu, terdapat juga pembayaran biaya administrasi sebesar Rp50.000 yang dibayarkan bersama DP.
  • Tentukan berapa jangka waktu cicilannya. Kemudian, hitung berapa cicilan emas di Pegadaian berdasarkan jangka waktu tersebut. Misal Anda memilih 3 bulan, maka perkiraan total cicilannya = (Rp1.117.000 - Rp167.550) / 3 = 316.483.
  • Biaya tersebut belum ditambah dengan persenan bunga per bulan dan margin pemeliharaan per bulan sebesar 0,92% sesuai nilai taksiran emasnya per bulan.


2. Simulasi Cara Hitung Jumlah Cicilan untuk Kredit Kelompok (Arisan)

Tipe kredit logam mulia dari pegadaian selanjutnya yaitu cicilan kelompok arisan. Untuk mengetahui berapa cicilan emas di Pegadaian dalam varian cicil secara arisan, berlaku ketentuan biaya sebagai berikut:

  • Uang muka minimal 10 persen per anggota
  • Margin (mun’ah) pemeliharaan 0,92 persen dari nilai taksiran emasnya per bulan
  • Biaya administrasi Rp50.000 per transaksi per kelompok arisan
  • Minimal jumlah anggota kelompok adalah 6 orang
  • Pilihan jangka waktu angsuran tergantung pada jumlah anggota
  • Pilihan emasnya yaitu tipe ANTAM, UBS, Lotus Archi, dan Galery 24
  • Pilihan jenis, jumlah, serta berat emasnya harus sama untuk setiap anggota
  • Setiap bulan harus ada satu emas yang lunas lalu diserahkan pada anggota kelompok arisan sesuai kesepakatan

Berdasarkan ketentuan di atas, maka bisa dihitung berapa total cicilannya. Misal, dipilih merek ANTAM dengan harga beli saat itu adalah Rp1.117.000 per gram serta total 6 anggota arisan, maka rincian perhitungannya adalah sebagai berikut:

  1. Tentukan berapa harga emasnya sesuai yang ingin dibeli. Misal jika membeli logam mulia jenis ANTAM sebanyak 1 gram, maka total harganya adalah Rp1.117.000.
  2. Tentukan jumlah uang muka dengan minimal 10% dari harga emasnya. Misal dipilih angka 10%, maka jumlah uang mukanya adalah Rp670.200. Selain itu, terdapat juga pembayaran biaya administrasi sebesar Rp50.000 yang dibayarkan per transaksi.
  3. Karena terdapat 6 anggota, maka jangka waktu cicilannya adalah 6 bulan. artinya, perkiraan total berapa cicilan emas di Pegadaian per anggotanya = (Rp1.117.000 – 670.200) / 3 = 148.933.
  4. Biaya tersebut belum ditambah dengan persenan bunga per bulan dan margin pemeliharaan per bulan sebesar 0,92% sesuai nilai taksiran emasnya per bulan.


Berikut Syarat dan Sistem Mencicil Emas di Pegadaian

Setelah mengetahui terkait cara menghitung berapa cicilan emas di Pegadaian, ketahui juga bagaimana syarat serta sistem mencicilnya. Syarat mengikuti program kredit atau cicil emas ini antara lain yaitu sebagai berikut:

  1. Lampiran fotokopi kartu identitas (KTP)
  2. Membayar DP (uang muka), minimal 10-15% tergantung tipe kreditnya
  3. Memilih jenis emasnya (ANTAM, UBS, Lotus Archi, atau Galery 24)
  4. Memilih berat atau nominal transaksi, mulai dari 0,5 gram hingga 1000 gram

Lalu terkait sistemnya, bagaimana cara mencicil emas di pegadaian? Caranya sederhana, cukup isi form pengajuan, pilih gramasi, jangka waktu, dan metode pembiayaan, bayar uang muka, tandatangani akad, lalu cicil emasnya setiap bulan sesuai ketentuan.

Setelah proses cicilan lunas, maka Anda selaku nasabah akan memperoleh emasnya dalam bentuk cetakan batangan. Jadi, pastikan untuk mengetahui berapa cicilan emas di Pegadaian sebelum memutuskan untuk mulai mengikuti program cicil emas tersebut.

Posting Komentar

© Kompasar. All rights reserved. Developed by Jago Desain